News & Events

mencegah

WANITA BERISIKO TINGGI BISA MENCEGAH DIABETES GESTASIONAL!

Posted by Ernest Admin on Tuesday, 16, May, 2017


Wanita berisiko tinggi bisa mencegah diabetes gestasional. Sebuah studi baru menunjukkan bahwa diabetes gestasional dapat dicegah dengan intervensi gaya hidup individual yang sederhana pada wanita berisiko tinggi. Intervensi ini bahkan dapat mengurangi kejadian diabetes gestasional sebesar 39%!

Wanita berisiko tinggi adalah mereka yang kelebihan berat badan dan obesitas. Prevalensi kegemukan dan obesitas meningkat di seluruh dunia. Sampai 60 persen wanita usia subur kelebihan berat badan atau obesitas di negara maju. Obesitas adalah faktor risiko komplikasi kehamilan seperti gestasional diabetes mellitus (GDM), yang pada gilirannya merupakan prediktor terjadinya diabetes pada masa depan.

Gestational diabetes dan obesitas ibu juga dapat meningkatkan kecenderungan keturunannya mengalami obesitas dan gangguan regulasi glukosa. Dengan demikian ada kebutuhan untuk intervensi efektif yang bertujuan untuk mencegah GDM.

Hasil penelitian menunjukkan pencegahan GDM sebelumnya telah tidak konsisten dan efek pada kejadian GDM jarang terjadi.

Studi pencegahan diabetes gestasional Finlandia (RADIEL) dilakukan antara tahun 2008 dan 2014 di tiga rumah sakit bersalin di wilayah metropolitan Helsinki dan di Rumah Sakit Pusat Karelia Selatan di Lappeenranta.

Total 293 wanita dengan riwayat GDM atau indeks massa tubuh sebelum hamil> 30 kg / m2 terdaftar pada usia kehamilan kurang dari 20 minggu (rata-rata 13 minggu gestasi). Mereka secara acak dialokasikan ke kelompok intervensi (n = 155) atau kelompok kontrol (n = 138). Peserta dalam kelompok intervensi menerima konseling individual tentang diet, aktivitas fisik dan pengendalian berat badan dari perawat studi terlatih dan mengadakan satu kelompok pertemuan dengan ahli diet. Kelompok kontrol menerima asuhan antenatal standar.

Diagnosis GDM didasarkan pada tes toleransi glukosa oral 75g pada usia kehamilan 24-28 minggu. Intervensi mengurangi kejadian diabetes gestasional sebesar 39 persen pada wanita hamil berisiko tinggi.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com