News & Events

tips puasa bagi penderita maag

Tips Puasa Bagi Penderita Maag

Posted by alamaya on Wednesday, 1, July, 2015


Banyak penderita maag yang ragu untuk berpuasa, padahal seperti halnya penderita diabetes, puasa justru baik bagi penderita maag. Penyakit Maag merupakan suatu proses peradangan atau inflamasi pada dinding yang melapisi lambung. Apabila terjadi maag maka timbul beberapa gejala seperti perasaan tidak enak pada perut sebelah kiri, mual, kembung, muntah, perasaan penuh dan sesak dan terkadang disertai dengan nyeri perut. Beberapa kebiasaan dapat menyebabkan peningkatan asam lambung yang berujung pada maag saat puasa, diantaranya seperti langsung tidur tepat setelah sahur, merokok sesaat setelah berbuka puasa atau mengkonsumsi makanan yang banyak saat berbuka puasa. Bagi penderita maag disarankan untuk makan dalam jumlah sedikit namun sering, konsumsi makanan yang ringan dahulu saat berbuka puasa. Saat berbuka dan sahur hindari minuman yang mengandung kopi dan soda, serta hindari minuman yang terlalu manis sebab akan memicu rasa haus.
Tips Berbuka puasa bagi Penderita Maag:
1. Berbukalah dengan Air Putih
Sekalipun tubuh anda merasa sangat dehidrasi, atau merasa sangat haus, berbukalah dengan air putih. Jika memungkinkan minumlah air putih hangat untuk mengantisipasi perut agar tidak kaget untuk menerima cairan yang masuk setelah seharian puasa.
2. Hindari Minuman Bersoda
Setelah berbuka puasa, hindari minuman bersoda karena dapat meningkatkan asam lambung, terutama jika perut anda dalam keadaan kosong.
3. Jangan Langsung Makan
Kondisi perut yang lapar setelah seharian berpuasa biasanya anda akan memiliki hasrat untuk segera makan. Namun untuk mencegah agar perut anda tidak perih beri jeda waktu untuk segera makan. Setelah anda minum tunggu beberapa menit untuk memastikan bahwa minuman yang anda minum telah dicerna oleh lambung.
4. Tunda sebentar keinginan untuk Merokok
Bagi anda yang perokok pastinya rokok ada pada poin ke tiga dari yang anda inginkan selain makan dan minum saat berbuka puasa. Tetapi terkadang perokok lebih suka mendahulukan rokok daripada makan. Jika anda mempunyai sakit maag tundalah rokok pastikan makanan dan minuman yang anda makan telah tercerna dengan baik. Selain merokok bisa menyebabkan perut menjadi perih, merokok dapat menyebabkan pusing tiba-tiba.
Makanan dan Minuman yang sebaiknya dihindari :
1. Minuman yang dapat meningkatkan asam lambung, seperti : kopi, sari buah citrus, susu
2. Makanan yang sangat asam atau pedas seperti cabai, cuka, merica
3. Makanan yang sulit dicerna akan memperlambat pengosongan lambung. Karena hal ini dapat meningkatkan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung. Seperti makanan berlemak, kue tar, keju dan coklat
4. Makanan yang melemahkan klep tenggorokan, seperti : alkohol, coklat, makanan tinggi lemak dan gorengan
5. Makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan juga serat. Seperti: sawi, kol, nangka, kedondong, buah yang dikeringkan/manisan dan minuman bersoda.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com