News & Events

Tips agar ASI tetap Berkualitas saat puasa

Tips agar ASI Tetap Berkualitas saat Puasa

Posted by alamaya on Saturday, 27, June, 2015


Ibu menyusui membutuhkan nutrisi yang lebih banyak demi memenuhi nutrisi bayinya. Penelitian membuktikan bahwa puasa dalam waktu singkat seperti puasa Ramadan tidak akan mengurangi asupan nutrisi dan jumlah ASI. Tetapi produksi ASI bisa berkurang jika Ibu puasa sampai mengalami dehidrasi. Beberapa hal yang dapat menyebabkan kualitas ASI menurun adalah makanan yang dikonsumsi ibu.

Berikut Tips agar ASI Tetap Berkualitas saat Puasa:

Penuhi Kebutuhan Serat,

Selama puasa Ramadan asam lambung lebih mudah melonjak dan menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut dan mulut. Hal ini juga bisa mempengaruhi ASI Ibu. Untuk mencagahnya Ibu harus memenuhi kebutuhan serat dan mengkonsumsi sayuran. Selain mencegah konstipasi pada ibu, sayuran juga kaya serat, vitamin A, beta karoten, lycopene dan zat antioksidan lainnya. Selain itu sayuran yang kaya serat juga bisa membuat ibu kenyang lebih lama.

Banyak Minum Air,

untuk mencegah dehidrasi dan pengurangan produksi ASI, ibu harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air. Cairan tubuh juga bisa diperoleh melalui air yang terkandung dalam buah dan sayuran.

Minum Susu,

Susu dan produk lainnya yang mengandung protein dan kalsium yang penting untuk perawatan jaringan tubuh dan beberapa fungsi fisik lainnya.

Hindari Makanan Pedas dan Kafein,

Makanan pedas bisa mempengaruhi kualitas ASI dan berdampak buruk pada kesehatan anak. Tak jarang anak mengalami diare saat ibu konsumsi makanan pedas. Selain itu hindari minuman yang mengandung kafein dan pemanis buatan seperti kopi, teh, dan minuman bersoda. Kafein bisa menyebabkan Ibu dehidrasi dan menyebabkan sakit kepala.

Istirahat yang Cukup,

Selain menjaga makanan Ibu menyusui juga perlu menjaga kondisi tubuhnya. Salah satunya adalah dengan istirahat cukup. Tidur siang adalah solusi yang baik, cobalah untuk lebih giat dipagi hari dan santai di sore hari.

Makan Tiga Kali Sehari,

Selain berbuka dan sahur sebaiknya Ibu menyusui makan satu kali lagi untuk memenuhi gizi dan nutrisi serta kualitas ASI. Ibu bisa makan satu kali lagi setelah tarawih atau sebelum tidur malam. Selain itu juga jangan melewatkan tidur malam

Konsumsi suplemen Pelancar ASI ASIMom

Konsumsi ASIMom sebagai suplemen herbal pelancar ASI yang berasal dari bahan alami biji fenugreek dan daun katuk yang dikemas dalam bentuk kapsul, dikonsumsi rutin 3 x sehari 2kapsul saat buka puasa, menjelang tidur dan saat sahur. ASIMom dapat membantu ASI Ibu tetap lancar selama menjalani puasa.

Demikianlah Tips agar ASI Tetap Berkualitas saat Puasa, dengan langkah-langkah diatas Ibu menyusui tak perlu khawatir lagi dengan kualitas ASI selama puasa. Sehingga Ibu pun dapat berpuasa dengan tenang tanpa mengganggu asupan ASI untuk si kecil.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com