News & Events

bmr

TINGKAT METABOLISME BASAL / BASAL METABOLIC RATE (BMR)

Posted by Ernest Admin on Wednesday, 10, May, 2017


Tingkat metabolisme basal. Metabolisme adalah proses kimia yang rumit, jadi tidak mengherankan bila banyak orang menyederhanakannya: sebagai sesuatu yang mempengaruhi seberapa mudah tubuh kita memperoleh atau menurunkan berat badan.Di situlah kalori masuk. Kalori adalah unit yang mengukur berapa banyak energi yang diberikan makanan tertentu ke tubuh. Cokelat memiliki lebih banyak kalori daripada apel, sehingga memberi tubuh lebih banyak energi. Sama seperti mobil menyimpan bahan bakar di tangki bensin sampai dibutuhkan untuk bahan bakar mesin, tubuh menyimpan kalori – terutama sebagai lemak. Jika Anda mengisi tangki bensin mobil terlalu banyak, lama kelamaan bensin akan tumpah keluar. Begitu juga jika seseorang makan terlalu banyak kalori, mereka “tumpah” dalam bentuk lemak berlebih pada tubuh.

Jumlah kalori yang dibakar seseorang dalam sehari dipengaruhi oleh seberapa banyak orang tersebut berolahraga, jumlah lemak dan otot di tubuhnya, dan tingkat metabolisme basal seseorang (BMR). Tingkat metabolisme basal / BMR adalah tingkat di mana tubuh “membakar” energi, dalam bentuk kalori, saat beristirahat. BMR dapat berperan dalam kecenderungan seseorang untuk menambah berat badan. Misalnya, seseorang dengan BMR rendah (yang membakar lebih sedikit kalori saat istirahat atau tidur) akan cenderung menimbun lebih banyak lemak tubuh dibandingkan dengan orang berukuran tubuh serupa dengan BMR rata-rata yang makan dengan jumlah, jenis makanan serta olahraga yang sama.

Hal apa yang mempengaruhi BMR? Sampai batas tertentu, BMR diwariskan – diteruskan melalui gen yang kita dapatkan dari orang tua kita. Terkadang, masalah kesehatan bisa mempengaruhi BMR seseorang. Tapi orang bisa mengubah BMR mereka dalam beberapa hal. Misalnya: dengan berolahraga lebih banyak, seseorang membakar lebih banyak kalori selama aktivitas ekstra dan menjadi lebih sehat secara fisik, sehingga meningkatkan BMR-nya. BMR juga dipengaruhi oleh komposisi tubuh – orang dengan otot lebih banyak dan sedikit lemak umumnya memiliki BMR yang lebih tinggi.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com