News & Events

TES

TES SEDERHANA DETEKSI RISIKO DIABETES SETELAH MELAHIRKAN

Posted by Ernest Admin on Wednesday, 31, May, 2017


Tes sederhana deteksi risiko diabetes setelah melahirkan. Periset sekarang telah mengembangkan metode yang akurat untuk memprediksi kemungkinan diabetes pada wanita setelah melahirkan. mMelalui tes sederhana deteksi risiko diabetes setelah melahirkan, risiko bisa diketahui dan dikelola lebih awal.

Tes sederhana deteksi risiko diabetes setelah melahirkan penting terutama pada ibu yang mengalami diabetes gestasional saat hamil. Gestational diabetes adalah salah satu kondisi paling umum yang dapat terjadi selama kehamilan. Meskipun gejala umumnya hilang setelah melahirkan, wanita yang menderita diabetes gestasional berisiko tinggi mengalami diabetes pasca melahirkan pada tahun-tahun berikutnya.

Periset di Helmholtz Zentrum München kini telah mengembangkan metode yang akurat untuk memprediksi kemungkinan pengembangan penyakit progresif ini setelah persalinan. Temuan mereka dipublikasikan baru-baru ini di ‘Acta Diabetologica’.

Untuk studi mereka, para ilmuwan dari Institute of Diabetes Research (IDF), Helmholtz Zentrum München, yang merupakan salah satu mitra Pusat Penelitian Diabetes Jerman (DZD), mengumpulkan data dari 257 kasus diabetes gestasional (diabetes yang mempengaruhi wanita selama kehamilan) yang terjadi antara tahun 1989 dan 1999 dan ditindaklanjuti untuk jangka waktu 20 tahun setelah melahirkan.

Seratus sepuluh wanita yang diamati selama periode ini menderita diabetes pascamelahirkan. Agar dapat memprediksi di ibu mana penyakit tersebut akan muncul setelah melahirkan, tim yang dipimpin oleh Prof. Anette-Gabriele Ziegler, Direktur Institute of Diabetes Research, menguji berbagai parameter yang diketahui berperan penting dalam Asal penyakit.

 “Body mass index (BMI) dan predisposisi genetik keduanya berperan dalam perhitungan kami, seperti juga pertanyaan apakah ibu menyusui bayinya dan apakah diabetes gestasionalnya harus diobati dengan insulin,” jelas Meike Köhler. Hasilnya adalah dirumuskan sebuah perhitungan sederhana (rumus) untuk menghitung skor kemungkinan terkena diabetes di masa mendatang. Seperti apa rumus dan interpretasinya, baca di artikel Rumus menghitung skor risiko diabetes melitus tipe 2, pada ibu dengan riwayat diabetes gestasional.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com