News & Events

Diabetes-and-obesity

TES HbA1c UNTUK DIABETES

Posted by Ernest Admin on Thursday, 29, December, 2016


TES HbA1c UNTUK DIABETES

Bagi kita yang memiliki keluarga dengan penyakit diabetes atau mungkin pernah menjalani tes untuk menentukan apakah kita terkena diabetes atau tidak, pasti pernah mendengar tentang tes HbA1c untuk diabetes. Apa sih sebenarnya tes ini?

Tes hemoglobin A1c memberitahu Anda tingkat rata-rata gula darah selama 2 sampai 3 bulan terakhir. Tes ini juga disebut tes hemoglobin terglikasi, dan glycohemoglobin.

Orang- orang dengan diabetes perlu menjalani tes ini secara teratur, untuk melihat apakah tingkat gula darah mereka berada dalam batas yang diharapkan. Hal ini dapat membantu dokter mengetahui apakah perlu melakukan penyesuaikan obat diabetes Anda. Tes HbA1c juga digunakan untuk mendiagnosa diabetes.

Apakah Hemoglobin itu?

Hemoglobin adalah protein yang ditemukan dalam sel-sel darah merah. Hemoglobin memberi warna merah pada darah, dan berfungsi mengikat oksigen dalam sel darah merah yang selanjutnya akan dibawa ke seluruh tubuh Anda.

Bagaimana tes ini bekerja?

Gula dalam darah Anda disebut glukosa. Ketika glukosa menumpuk dalam darah Anda, glukosa berikatan dengan hemoglobin dalam sel darah merah Anda. Tes ini mengukur berapa banyak glukosa yang terikat. Sel darah merah dapat hidup selama sekitar 3 bulan, jadi tes menunjukkan rata-rata tingkat glukosa dalam darah Anda selama 3 bulan terakhir. Jika kadar glukosa Anda telah tinggi selama beberapa minggu terakhir, tes A1C hemoglobin Anda akan lebih tinggi.

Nah itulah sedikit informasi mengenai tes HbA1c, semoga bermanfaat.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com