News & Events

listeria 2

TERAPI LISTERIOSIS PADA IBU HAMIL (Part1)

Posted by Ernest Admin on Thursday, 4, May, 2017


Terapi listeriosis pada ibu hamil dibedakan berdasarkan gejala yang dialami menjadi: terapi untuk dugaan listeriosis, listeriosis dengan sedikit gejala namun tidak demam dan listeriosis dengan atau tanpa gejala serta demam.

Terapi listeriosis pada ibu hamil bila tanpa gejala. Tidak ada pengujian, termasuk kultur darah dan tinja, atau pengobatan diindikasikan untuk wanita hamil tanpa gejala yang melaporkan konsumsi produk yang ditarik atau terlibatkan selama wabah kontaminasi listeria. Pasien asimtomatik harus diinstruksikan untuk kembali jika dia mengembangkan gejala listeriosis dalam waktu 2 bulan setelah memakan produk yang diingat atau yang terkait. Tidak ada alasan untuk mengubah atau memulai surveilans janin pada wanita tanpa gejala dengan paparan listeria yang diketahui atau dugaan.

Terapi listeriosis pada ibu hamil dengan sedikit gejala tapi tidak demam. Tidak ada data untuk memandu terapi ibu hamil yang terekspos dan tidak demam tapi mengalami gejala ringan yang tidak terlalu spesifik untuk listeriosis. Seorang wanita hamil yang mengonsumsi produk yang mungkin terkontaminasi listeria, tidak demam, tapi memiliki tanda dan gejala yang sesuai dengan penyakit ringan atau penyakit seperti flu (misal mialgia ringan, mual, muntah, atau diare ringan) dapat diterapi. Sebagai alternatif, pasien dapat melakukan tes kultur darah untuk listeria, namun instruksi khusus harus diberikan ke laboratorium mikrobiologi karena morfologi listeria menyerupai difteri, sehingga mungkin salah untuk kontaminan. Oleh karena itu, laboratorium harus waspada terhadap kecurigaan klinis listeriosis.

Jika pengujian diagnostik semacam itu dilakukan, beberapa ahli akan menunda terapi antibiotik kecuali jika kultur menghasilkan listeria. Yang lain akan memulai terapi antibiotik, walaupun tidak ada data efektif untuk membantu klinisi dan pasien mengevaluasi risiko dan manfaat dari pilihan pengobatan tersebut. Jika pengujian dilakukan dan kultur darah menghasilkan listeria, pengobatan antimikroba standar untuk listeriosis, biasanya termasuk ampisilin intravena, akan diberikan.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com