News & Events

olahraga 3

TERAPI DIABETES MELITUS DENGAN OLAHRAGA

Posted by Ernest Admin on Thursday, 9, March, 2017


Terapi Diabetes Melitus (DM) tipe 2 harus dilakukan secara holistik- keseluruhan. Mulai dari terapi nutrisi medisnya, aktivitas fisik dan obat-obatan semua harus diperhatikan. Olahraga diketahui sangat bermanfaat bagi penderita Diabetes Melitus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa olahraga atau aktivitas fisik dapat:

  • Meningkatkan sensitivitas sel-sel tubuh terhadap insulin sehingga membantu menurunkan kadar gula dan kadar lemak darah.
  • Menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol jahat darah (LDL), meningkatkan kolesterol baik (HDL) sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.
  • Mengontrol berat badan.
  • Menurunkan risiko komplikasi penyakit DM.
  • Menguatkan jantung, otot dan tulang.
  • Menurunkan tingkat stress.

Kegiatan jasmani yang dianjurkan untuk terapi diabetes melitus (DM) adalah intensitas sedang (50-70% denyut nadi  maksimal) minimal 150 menit/ minggu atau aerobik 75 menit/ minggu. Aktivitas dibagi dalan 3 hari perminggu dan tidak ada 2 hari berurutan tanpa latihan fisik. Jika tidak ada kontraindikasi, pasien diabetes melitus tipe 2 diedukasi melakukan latihan resistensi sekurangnya 2x seminggu.

Untuk penyandang DM dengan penyakit kardiovaskular, terapi diabetes melitus dimulai dengan intensitas rendah dan durasi singkat lalu secara perlahan ditingkatkan. Aktivitas fisik sehari- hari juga dapat dilakukan, misalnya berjalan kaki ke tempat kerja, menggunakan tangga (tidak menggunakan elevator).

Jenis-jenis olahraga yang baik untuk pasien DM antara lain:

  • Latihan aerobik membuat jantung dan tulang kuat, mengurangi stress dan meningkatan aliran darah.
  • Latihan angkat beban dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang dan otot sambil membakar lemak, serta menjaga kepadatan tulang. Lakukan latihan beban 2-3 kali seminggu sebagai tambahan latihan aerobik.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com