News & Events

menyusui4

TANTANGAN SAAT MENYUSUI (Part 3)

Posted by Ernest Admin on Tuesday, 31, January, 2017


Wah banyak juga ya ternyata tantangan yang sering ibu hadapi saat menyusui. Berikut ulasan lain tentang tips mengatasi permasalahan dalam menyusui.

  • Puting terbalik/ Inverted nipple

Inverted nipple adalah kondisi di mana puting seperti ditarik masuk ke dalam sehingga terlihat rata. Kondisi ini memang dapat terjadi pada beberapa orang, salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah hormon; biasanya dijumpai pada ibu hamil, namun sekitar 10 sampai 20 persen perempuan mengalami kondisi ini karena ‘bawaan’ dari lahir. Kasus inverted nipple disebabkan oleh masalah yang ada di sambungan jaringan di bawah puting, ligamen dan kulit. Sebuah puting terbalik tidak menyodok ke depan ketika Anda mencubit areola, kulit gelap di sekitar puting. Seorang konsultan laktasi dapat memberikan tips sederhana yang memungkinkan wanita dengan puting terbalik untuk menyusui berhasil.

  • Pembengkakan payudara

Kepenuhan payudara saat periode menyusui adalah alami dan sehat. Hal ini terjadi karena payudara Anda menjadi penuh susu, lebih lembut dan lentur. Tapi pembengkakan payudara berarti pembuluh darah di payudara Anda telah menjadi sesak. Cairan yang ter perangkap dalam payudara Anda dan membuat payudara terasa keras, menyakitkan, dan bengkak. Kompres bergantian dengan panas dan dingin, misalnya menggunakan paket es dan panas, untuk meringankan gejala ringan. Memompa asi juga dapat membantu untuk melepaskan air susu, baik dengan tangan atau menggunakan pompa payudara.

Happy breastfeeding moms!

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com