News & Events

bayi1

TANTANGAN SAAT MENYUSUI (Part 1)

Posted by Ernest Admin on Friday, 27, January, 2017


Terlepas dari berbagai manfaat yang ditawarkan menyusui bayi anda, tentu dapat muncul berbagai masalah juga terkait menyusui. Namun dengan pengetahuan dan penanganan yang benar, masalah ini dapat diatasi. Yuk simak beberapa masalah saat menyusui dan cara mengatasinya!

  • Puting sakit.

Merupakan masalah yang paling sering terjadi. Anda mungkin mengalami rasa sakit dalam minggu-minggu pertama menyusui. Pastikan bayi Anda terposisikan dengan benar, dan menggunakan satu jari untuk memlepaskan hisapan mulut bayi Anda setelah selesai menyusui. Yang akan membantu mencegah puting sakit. Jika Anda masih merasakan sakit, pastikan Anda menyusui dengan masing-masing payudara cukup banyak untuk mengosongkan saluran susu pada payudara. Jika tidak, payudara Anda akan membesar, bengkak, dan nyeri. Meletakkan es atau sekantong kacang polong beku pada puting yang nyeri dapat meringankan ketidaknyamanan sementara. Menjaga puting kering dan membiarkan mereka “kering karena udara” antara periode menyusui dapat membantu juga. Bayi Anda cenderung menyedot lebih aktif di awal. Jadi mulai menyusui dengan puting yang lebih tidak sakit.

  • Kering, pecah-pecah.

Hindari sabun, krim wangi, atau lotion dengan alkohol di dalamnya, yang dapat membuat puting lebih kering dan pecah-pecah. Anda dapat dengan lembut menerapkan lanolin murni untuk puting Anda setelah makan, tapi pastikan Anda bersikan sisa lanolin sebelum menyusui lagi. Sering seringlah mengganti pembalut bra Anda untuk membantu puting Anda tetap kering. Dan Anda harus menggunakan hanya bantalan bra katun.

Semoga bermanfaat ibu-ibu!

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com