News & Events

stroke iskemik

STROKE ISKEMIK: MENGENAL DUA JENIS STROKE 

Posted by Ernest Admin on Wednesday, 5, July, 2017


Stroke iskemik: mengenal dua jenis stroke. Stroke iskemik terjadi ketika pembuluh darah yang membawa darah ke otak tersumbat oleh gumpalan darah. Hal ini menyebabkan darah tidak sampai ke otak. Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko yang paling penting untuk jenis stroke ini. Stroke iskemik mencapai sekitar 87% dari seluruh stroke.

Stroke iskemik dapat terjadi dengan dua cara.

EMBOLIC STROKE

Dalam stroke embolik, gumpalan darah atau fragmen plak terbentuk di suatu tempat di tubuh (biasanya jantung) dan berjalan ke otak. Begitu berada di otak, bekuan tersebut berpindah ke pembuluh darah yang cukup kecil untuk menghalangi jalannya. Bekuan gumpalan ada di sana, menghalangi pembuluh darah dan menyebabkan stroke. Sekitar 15% stroke embolik terjadi pada orang dengan atrial fibrillation (Afib). Kata medis untuk jenis bekuan darah ini adalah embolus.

THROMBOTIC STROKE

Stroke trombotik disebabkan oleh bekuan darah yang terbentuk di dalam salah satu arteri yang memasok darah ke otak. Jenis stroke ini biasanya terlihat pada orang dengan kadar kolesterol tinggi dan aterosklerosis. Kata medis untuk bekuan yang terbentuk di deposit pembuluh darah adalah trombus. Dua jenis bekuan darah bisa menyebabkan trombotik: trombosis pembuluh darah besar dan penyakit pembuluh darah kecil.

Trombosis pembuluh darah besar

Bentuk paling umum dari stroke trombotik (trombosis pembuluh darah besar) terjadi di arteri otak yang lebih besar. Dalam kebanyakan kasus, hal ini disebabkan oleh aterosklerosis jangka panjang yang dikombinasikan dengan pembentukan bekuan darah yang cepat. Kolesterol tinggi merupakan faktor risiko yang umum terjadi pada jenis stroke ini.

Trombosis pembuluh darah kecil

Bentuk lain dari trombosis stroke terjadi ketika aliran darah diblokir ke pembuluh arteri yang sangat kecil (penyakit pembuluh darah kecil atau infark lacunar). Sedikit yang diketahui tentang penyebab stroke jenis ini, namun sangat terkait dengan tekanan darah tinggi.

Sumber:

http://www.stroke.org/understand-stroke/what-stroke/ischemic-stroke

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com