News & Events

Serba-serbi Asma

Serba-serbi ASMA

Posted by alamaya on Wednesday, 16, September, 2015


Penyakit Asma berasal dari kata “Asthma” yang diambil dari bahasa Yunani yang mengandung arti “sulit bernafas”. Gejala awal dari penyakit asma adalah gejala sesak nafas, batuk dan suara mengi (bengek) yang dikarenakan adanya penyempitan dan sumbatan pada pembuluh darah yang mengalirkan oksigen ke paru-paru dan rongga dada yang membuat saluran udara terhambat.
Penyakit Asma adalah suatu bentuk alergi di saluran pernafasan yang muncul karena saluran udara di paru-paru (bronchial) mengalami bengkak, menghasilkan lendir yang berlebihan dan terlilit otot pernafasan. Asma disebut penyakit penyempitan saluran nafas dikarenakan adanya aktifitas berlebihan yang diakibatkan oleh rangsangan tertentu yang menyebabkan peradangan dan penyempitan pada pembuluh darah dan udara yang mengalirkan oksigen ke paru-paru dan rongga dada. Akibatnya penderita mengalami sesak nafas dan kadang-kadang nafasnya berbunyi (mengi) karena saluran udara di paru-parunya menyempit. Pada penderita Asma yang parah, kemampuan paru-paru untuk menyimpan udara hanya tersisa kurang dari 50% dibanding orang sehat.
Asma memiliki tanda dan gejala mulai dari yang ringan sampai yang berat dan bervariasi pada setiap orang. Anda mungkin memiliki gejala asma seperti nafas yang berat secara rutin dengan terkadang mengalami serangan asma. Diantara serangan asma tersebut anda mungkin akan merasa normal dan tidak memiliki masalah pernafasan. Atau anda mungkin memiliki tanda dan gejala batuk dan nafas berat sepanjang waktu atau hanya pada malam hari atau saat berolahraga saja.

Tanda dan Gejala Asma :
• Nafas pendek
• Pengetatan pada otot dada atau rasa sakit pada dada
• Sulit tidur karena nafas pendek, batuk atau nafas sengau
• Suara sengau atau bunyi mengi saat bernafas
• Batuk atau sengau yang memburuk ketika terserang virus pernafasan seperti pilek dan flu
Tanda penyakit Asma kronis :
• Bertambahnya tingkat keparahan dan frekwensi dari tanda dan gejala asma
• Turunnya rata-rata maksimum aliran nafas yang diukur oleh peak flow meter, peralatan sederhana yang digunakan untuk memeriksa seberapa baik paru-paru anda bekerja

Pengobatan gejala Asma dibagi menjadi 2 yaitu: pengobatan dengan tujuan untuk mencegah serangan asma dan pengobatan untuk mengatasi serangan Asma. Obat Asma mempunyai fungsi mengurangi reaksi peradangan saluran nafas sehingga mencegah terjadinya serangan Asma.
Tujuan dari Pengobatan Asma adalah:
• Bisa hidup dengan normal dan dalam keadaan aktif
• Bisa masuk sekolah dan bekerja setiap hari tanpa mengalami serangan asma
• Mencegah kambuhnya asma di malam hari
• Bisa melakukan aktifitas harian, bermain, dan bisa mengikuti olahraga tanpa mengalami gangguan asma

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com