News & Events

Serba-serbi Asam Urat

Serba-serbi Asam Urat

Posted by alamaya on Wednesday, 25, March, 2015


Serba-serbi Asam Urat. Apakah anda tiba-tiba pernah merasakan nyeri yang sangat mengganggu pada bagian persendian? Terutama di sendi jempol kaki, disertai dengan bengkak kemerahan? Sekilas mirip dengan gejala rematik. Jika pernah kemungkinan anda menderita penyakit asam urat (gout). Penyakit asam urat adalah sejenis peradangan pada persendian yang diakibatkan karena kadar asam urat yang beredar didalam darah terlalu berlebih sehingga sebagian mengendap sebagai kristal tajam berbentuk seperti jarum. Pengendapan ini terjadi terutama di persendian jari-jari tangan atau kaki (lutut, pergelangan kaki atau jempol kaki), sehingga menyebabkan peradangan dan nyeri yang hebat. Kadar asam urat normal: 3,5-7 mg/dl. Kristal asam urat akan mulai terbentuk jika kadar asam urat didalam darah sudah mencapai 7 atau lebih. Intensitas nyeri tergantung dari kadar asam urat: makin tinggi kadarnya, maka makin intensif rasa nyeri yang ditimbulkan.

Asam urat berasal dari metabolisme purin, semacam protein yang sumbernya berasal dari produk hewani dan minuman beralkohol. Purin dalam jumlah kecil bermanfaat bagi metabolisme tubuh, tetapi purin dalam jumlah banyak akan mengakibatkan penumpukan kadar asam urat yang tidak bisa dikeluarkan oleh tubuh sehingga menyebabkan kita menderita penyakit asam urat. Jadi asam urat tidak selalu diderita oleh orang tua, coba perhatikan banyak orang muda yang sudah menderita asam urat karena konsumsi makanan yang mengandung purin berlebihan.
Beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit asam urat adalah

  • Kelebihan berat badan atau obesitas
  • Faktor usia dan jenis kelamin, asam urat lebih banyak diderita oleh orang tua dan pria
  • Hati memproduksi asam urat terlalu banyak, karena berlebihnya konsumsi makanan kaya purine (senyawa pembentuk asam urat)
  • Makanan yang mengandung purin tinggi : jeroan (otak, liver, ginjal), ikan (sarden, mackerel), daging merah (babi, sapi, kambing), udang, lobster, termasuk juga jamur, bayam, kangkung, tempe,tahu sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat.
  • Memiliki masalah ginjal sehingga mengganggu pengeluaran asam urat
  • Memiliki diabetes atau hipertensi.

Tujuan pengobatan asam urat bukanlah menghabiskan jumlah purin didalam tubuh, melainkan mengurangi sampai batas normal dan mempertahankannya hingga tidak mengganggu fungsi tubuh. Ubah gaya hidup dengan rajin berolahraga dan konsumsi makanan sehat serta konsumsi herbal yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com