News & Events

insulin 16

SENSITIVITAS INSULIN

Posted by Ernest Admin on Wednesday, 5, April, 2017


Sensitivitas insulin menggambarkan seberapa sensitif tubuh terhadap efek insulin. Seseorang yang dikatakan insulin sensitif akan membutuhkan jumlah insulin lebih sedikit untuk menurunkan kadar glukosa darah dibanding seseorang yang memiliki sensitivitas hormon insulin rendah.

Sensitivitas insulin bervariasi dari orang ke orang dan dokter dapat melakukan tes untuk menentukan seberapa sensitif seorang individu terhadap insulin. Individu dengan sensitivitas yang rendah sering disebut resisten terhadap insulin.

Hubungan antara glukosa dan insulin cukup kompleks dan melibatkan interaksi banyak faktor dan pengaturan metabolik. Sensitivitas-insulin yang normal bervariasi dan dipengaruhi oleh usia, etnis, dan obesitas. Sederhananya, tidak semua orang dengan sensitivitas insulin terganggu dianggap mengalami resistensi insulin, kehamilan adalah contoh sempurna dari ini.

Sebuah kelompok konsensus Organisasi Kesehatan Dunia baru-baru ini menyimpulkan bahwa indeks sensitivitas-insulin (SI) yang terendah 25% dari populasi umum dapat dianggap insulin resisten. Grup Eropa untuk Studi Insulin Resistance mengambil pandangan yang lebih terbatas, mendefinisikan resistensi insulin sebagai SI yang terendah 10% pada populasi non-obesitas, nondiabetes, ras kaukasia dan normotensif.

Richard Legro dan rekan-rekannya juga menggunakan SI yang terendah 10% dari obesitas, populasi non-PCOS untuk menentukan resistensi insulin. Idealnya, kita harus menurunkan kisaran SI yang normal dari populasi wanita yang tidak obesitas, memiliki siklus menstruasi yang teratur, tidak menderita hirsutisme, dan memiliki tingkat normal androgen yang beredar.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com