News & Events

sayuran

SAYURAN TERBAIK UNTUK RHEUMATOID ARTHRITIS part 2

Posted by Ernest Admin on Wednesday, 12, April, 2017


Sayuran terbaik untuk rheumatoid arthritis. Sebenarnya tidak ada daftar baku untuk kategori sayuran terbaik untuk rheumatoid arthritis. Sebagian besar sayuran – karena merupakan makanan sehat dapat disebut baik untuk RA. Namun, ada beberapa yang setelah diteliti lebih lanjut, punya manfaat lebih bagi perbaikan penyakit RA. Sayuran berdaun hijau gelap serta sayuran berwarna merah ternyata disarankan untuk penderita rheumatoid arthritis. Berikut penyebabnya:

Sayuran berdaun hijau gelap

Sayuran terbaik untuk rheumatoid arthritis umunya adalah sayuran yang dapat mengurangi peradangan, biasanya melalui aktifitas antioksidan yang terkandung didalamnya. Produksi energi dan proses metabolisme lainnya di dalam tubuh menghasilkan produk samping yang berbahaya yang disebut radikal bebas, yang merusak sel. Radikal bebas telah terlibat dalam pengembangan rheumatoid arthritis (RA), dan peradangan yang menyerang sendi. Sauiran berdaun hijau seperti brokoli, bayam, kubis Brussel, kale, lobak Swiss, dan bok choy dikemas dengan antioksidan seperti vitamin A, C dan K, yang melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Makanan ini juga tinggi kalsium yang memelihara tulang.

Brokoli dan sayuran lainnya (kubis Brussel, kol, bok choy dan kembang kol) menawarkan manfaat lain. Mereka mengandung senyawa alami yang disebut sulforaphane. Penelitian pada tikus menunjukkan sulforaphane dapat menghambat proses inflamasi dan mungkin memperlambat kerusakan tulang rawan pada osteoartritis (OA). Dan ada beberapa bukti konsumsi tinggi keluarga sayuran ini bisa mencegah RA berkembang.

Kentang manis, Wortel, Paprika merah dan Labu siam

Sayuran cerah seperti jeruk dan sayuran berwarna merah mendapatkan warna khas mereka dari karotenoid seperti beta-cryptoxanthin. Pigmen tumbuhan juga menyebabkan ubi jalar, wortel, labu dan paprika merah kaya akan antioksidan. Beberapa penelitian menunjukkan makan lebih banyak makanan kaya akan beta-cryptoxanthin bisa mengurangi resiko terkena RA dan kondisi peradangan lainnya.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com