News & Events

refleks

REFLEKS PADA BAYI

Posted by Ernest Admin on Wednesday, 9, August, 2017


Refleks pada bayi. Refleks adalah respons terhadap stimulus dan itu terjadi tanpa pemikiran sadar. Contoh refleks orang dewasa termasuk menarik tangan Anda dari kompor panas dan menyentak kaki bagian bawah Anda saat area di bawah tempurung lutut Anda diketuk.

Bayi lahir dengan seperangkat refleks unik yang bisa memberi tahu dokter tentang kesehatan dan perkembangan mereka. Dalam menit pertama setelah kelahiran, perawat dan dokter menilai refleks pada bayi ini. Refleks pada bayi agak bereda dengan orang dewasa. Ada beberapa reflex yang akan normal bila positif pada bayi, namun menunjukkan kelainan bila hasilnya positif pada orang dewasa.

Apa saja jenis refleks neonatal (bayi baru lahir)?

Beberapa refleks dapat dinilai sejak bayi baru lahir sampai dewasa. Ini termasuk refleks gag, yang menyebabkan tersedak saat tenggorokan terstimulasi. Namun, ada juga refleks lain yang hanya diperiksa pada bayi, dan biasanya menghilang dalam beberapa bulan setelah kelahiran. Refleks ini meliputi:

  • Refleks leher tonik asimetris
  • Refleks Babinski
  • Pegang refleks
  • Moro atau refleks yang mengejutkan
  • Rooting refleks
  • Langkah refleks
  • Inklusi truncal atau refleks Galant

Beberapa refleks ini dapat diketahui segera setelah lahir. Jika orang dewasa mengalami cedera otak, mereka mungkin menunjukkan refleks bayi sekali lagi. Contoh cedera yang menyebabkan gejala ini meliputi kerusakan otak dan stroke.

Bagaimana masing- masing reflex ini dikerjakan dan interpretasi hasilnya akan dibahas di artikel selanjutnya! Ayo baca dan perkaya pengetahuan setiap hari yaa!

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com