News & Events

refleks 6

REFLEKS PADA BAYI: REFLEKS ROOTING

Posted by Ernest Admin on Monday, 14, August, 2017


Refleks pada bayi: refleks rooting atau reflex menghisap. Sebagian besar aktivitas bayi Anda di minggu-minggu pertama kehidupannya bersifat refleksif, termasuk refleks rooting ini. Misalnya, saat Anda memasukkan jari Anda ke mulut bayi, dia tidak memikirkan apa yang harus dilakukan, tapi menanggapi dengan refleks. Saat dihadapkan pada cahaya terang, bayi akan menutup matanya dengan kencang, karena itulah yang dilakukan oleh refleksnya. Bayi terlahir dengan banyak tanggapan otomatis ini, beberapa di antaranya tetap tinggal dengannya selama berbulan-bulan, sementara yang lainnya lenyap dalam beberapa minggu.

Refleks rooting menyebabkan bayi akan mengalihkan kepalanya ke tangan Anda jika Anda mengelus pipi atau mulutnya. Ini membantu dia menemukan puting saat menyusu. Awalnya dia akan berakar dari sisi ke sisi, menoleh ke arah puting susu dan kemudian menjauhi busur yang menurun. Tapi sekitar tiga minggu dia hanya akan memalingkan kepalanya dan menggerakkan mulutnya ke posisi untuk mengisap.

Menghisap adalah refleks kelangsungan hidup lain yang hadir bahkan sebelum kelahiran. Jika Anda menjalani tes ultrasound selama kehamilan, mungkin Anda telah melihat bayi Anda mengisap jempolnya. Setelah lahir, saat puting susu (baik payudara atau botol) diletakkan di mulut bayi Anda dan menyentuh atap mulutnya, dia otomatis mulai mengisap. Gerakan ini sebenarnya terjadi dalam dua tahap: Pertama, dia meletakkan bibirnya di sekitar areola (daerah melingkar kulit berpigmen di sekitar puting susu) dan meremas puting di antara lidah dan langit-langitnya. (Disebut “ekspresi”, tindakan ini memaksa keluar susu.) Kemudian muncul fase kedua, atau tindakan memerah susu, di mana lidah bergerak dari areola ke puting susu. Seluruh proses ini dibantu oleh tekanan negatif, atau isapan, yang menjaga payudara menempel di mulut bayi.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com