News & Events

refleks 3

REFLEKS PADA BAYI: REFLEKS PALMAR

Posted by Ernest Admin on Saturday, 12, August, 2017


Refleks pada bayi: refleks palmar. Refleks adalah respons terhadap stimulus dan itu terjadi tanpa pemikiran sadar. Contoh refleks orang dewasa termasuk menarik tangan Anda dari benda panas dan menyentak kaki bagian bawah saat area di bawah tempurung lutut Anda diketuk. Bayi lahir dengan seperangkat refleks unik yang bisa memberi tahu dokter tentang kesehatan dan perkembangan mereka. Dalam menit pertama setelah kelahiran, perawat dan dokter menilai refleks ini.

Refleks palmar atau reflex menggenggam termasuk refleks primitif. Refleks palmar akan mulai tampak pada awal 16 minggu di dalam rahim dan berlanjut sampai usia lima atau enam bulan. Reflex ini tidak normal ditemukan pada orang dewasa.

Cara pemeriksaan reflex adalah dengan meletakkan sebuah benda di tangan bayi atau dengan mengelus telapak tangan mereka, reflex dinyatakan positif jika jari-jari tangan akan menutup/ menggenggam. Cengkeraman itu kuat tapi tidak bisa diprediksi. Meskipun mungkin genggaman cukup kuat untuk menanggung berat badan bayi, mereka mungkin juga melepaskan cengkeraman mereka tiba-tiba dan tanpa peringatan.

Tujuan dari refleks menggenggam dipercaya untuk mempersiapkan otot tangan bayi untuk mengembangkan gerakan volunter menggenggam. Refleks panca indra yang tidak ada atau abnormal mungkin mengindikasikan adanya cacat neurologis atau kerusakan saraf motorik (misalnya cerebral palsy) yang hadir saat lahir. Namun, karena adanya refleks yang diuji di rumah sakit, kelainan apapun dapat segera diperhatikan begitu ditemukan.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com