News & Events

refleks 4

REFLEKS PADA BAYI: REFLEKS MORO

Posted by Ernest Admin on Sunday, 13, August, 2017


Refleks pada bayi: Refleks Moro. Refleks adalah jenis respon tanpa disengaja (tanpa mencoba) terhadap stimulasi. Refleks Moro adalah salah satu dari banyak refleks yang terlihat saat lahir. Biasanya hilang setelah 3 atau 4 bulan.

Penyedia layanan kesehatan bayi Anda akan memeriksa refleks ini tepat setelah kelahiran dan selama kunjungan ke dokter anak.

Cara pemeriksaan refleks Moro, anak akan diletakkan menghadap ke atas pada permukaan yang lembut dan empuk. Kepala dengan lembut diangkat dengan cukup dukungan untuk mulai mengeluarkan berat badan dari pad. (Catatan: Tubuh bayi tidak boleh diangkat dari pad, hanya berat yang dikeluarkan.) Kepala kemudian dilepaskan tiba-tiba, dibiarkan jatuh mundur sejenak, tapi dengan cepat didukung lagi (tidak diperbolehkan menggedor paddingnya).

Respon normal adalah bayi terlihat kaget. Lengan bayi harus bergerak menyamping dengan telapak tangan dan ibu jari tertekuk. Bayi mungkin menangis sebentar. Saat refleks berakhir, bayi menarik lengannya ke tubuh, siku dilipat, lalu rileks.

Ini adalah hadiah refleks normal pada bayi yang baru lahir.Tidak adanya reflex moro mengindikasikan bayi adanya kelainan.

  • Ketiadaan kedua sisi menunjukkan kerusakan pada otak atau sumsum tulang belakang.
  • Ketidakhadiran hanya pada satu sisi menunjukkan adanya tulang bahu yang patah atau luka pada kelompok saraf yang terbentang dari leher bagian bawah dan daerah bahu bagian atas ke lengan mungkin ada (saraf ini disebut pleksus brakialis).

Refleks Moro pada bayi, anak, atau orang dewasa yang lebih tua tidak normal.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com