News & Events

refleks 2

REFLEKS PADA BAYI: REFLEKS BABINSKI

Posted by Ernest Admin on Friday, 11, August, 2017


Refleks pada bayi: Refleks Babinski adalah salah satu refleks normal pada bayi. Refleks adalah respon yang terjadi saat tubuh menerima stimulus tertentu.

Refleks Babinski terjadi setelah telapak kaki digores dari bagian tumit ke arah jari kelingking kemudian jempol. Hasil reflex ini dikatakan positif jika jempol kemudian bergerak ke atas atau menuju permukaan atas kaki, sedangkan jari kaki lainnya kearah sebaliknya.

Refleks ini normalnya positif pada anak-anak sampai usia 2 tahun. Ini seharusnya hilang saat anak bertambah tua. Biasanya mulai hilang pada awal usia 12 bulan.

Kelainan pada refleks ini dapat berupa tidak adanya reflex atau menetapnya reflex pada usia lebih dari 2 tahun.

Tidak adanya Refleks

Refleks Babinski memberi stabilitas pada tubuh bayi, mempersiapkan kaki mereka untuk melakukan langkah pertama. Ini bahkan memastikan koordinasi yang tepat antara pinggul bagian bawah dan tulang belakang. Ketika bayi yang baru lahir tidak memiliki refleks ini, berarti sistem saraf pusat mereka belum matang dengan benar, atau ada beberapa masalah di sumsum tulang belakang mereka.

Babinski reflekes yang menetap setelah 2 tahun adalah salah satu bentuk kelainan. Saat anak-anak terus memiliki reflek ini bahkan setelah mencapai usia dua tahun, mereka akan mengalami kesulitan dalam menempatkan kaki mereka di tanah dengan mudah. Mereka mungkin juga menghadapi masalah dalam menyeimbangkan diri mereka sendiri karena jari kaki mereka akan selalu diperluas ke luar.

Refleks yang menetap dapat menunjukkan adanya kelaian berikut:

  • Berjalan dengan tumit
  • Bentuk kaki rata
  • Kesulitan dalam memperhatikan atau berkonsentrasi
  • Pergelangan kaki yang lemah
  • Sulit meluruskan atau mengkontraksikan kaki saat berjalan
  • Mungkin ada cakar atau palu kaki
  • Anak-anak yang terdeteksi dengan cerebral palsy atau hemiplegia (kelumpuhan sebagian tubuh) akan mempertahankan reflek mereka pada bagian yang telah terpengaruh.
  • Bayi yang menderita autisme juga memiliki refleks Babinski yang berkepanjangan.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com