News & Events

jerawat 8

PROSES TERBENTUKNYA JERAWAT

Posted by Ernest Admin on Saturday, 10, June, 2017


Proses terbentuknya jerawat. Acne vulgaris/ Jerawat adalah penyakit yang menyerang unit pilosebase (PSU) kulit (bagian kulit yang terdiri dari rambut, folikel rambut, otot erector pili dan kelenjar minyak). Jerawat biasanya digambarkan sebagai noninflammatory (komedo terbuka dan tertutup) atau inflamasi (papula dan pustula).

Walaupun sering muncul tiba-tiba, sebenarnya jerawat muncul setelah terjadinya beberapa kejadian yang mendahului. Berikut beberapa tahapan proses terbentuknya jerawat:

  1. Hiperkeratinisasi folikuler
    Kelenjar minyak didalam kulit memiliki saluran ke luar kulit. Saluran ini dilapisi oleh folikel. Namun ada kalanya folikel-folikel tersebut menebal dan sulit lepas sehingga sebum (minyak) yang dihasilkan oleh kelenjar menjadi tersumbat.
  2. Hormon androgen memicu peningkatan produksi sebum.

Kadar hormone yang tinggi terutama pada masa remaja dapat memicu tingginya produksi minyak. Sebum merupakan tempat tumbuh dan hidupnya bakteri anaerob Propionibacterium acnes.

  1. Pertumbuhan bakteri Propionibacerium acne berlebih

Bakteri propionibacterium acnes dapat hidup dalam kondisi anaerob (tidak membutuhkan oksigen). Oleh karena bakteri anaerob tidak membutuhkan oksigen, maka jumlah bakteri menjadi semakin meningkat dalam saluran yang tersumbat. Ditambah produksi minyak berlebih memberi nutrisi pada bakteri untuk tumbuh.

  1. Peradangan
    Oleh bakteri, sebum terus-menerus dipecah menjadi asam lemak bebas. Kondisi yang tidak normal ini kemudian dianggap sebagai suatu benda asing.  Penolakan ini kemudian mengakibatkan peradangan. Hasil dari peradangan ini dapat kita lihat dari luar sebagai munculnya jerawat. Di area ini kulit menjadi berwarna merah, dan  lama kelamamaan membusuk, serta mengeluarkan nanah.

Keempat tahapan tersebut adalah tahapan sekaligus penjelasan bagaimana proses terbentuknya jerawat. Obat/ sabun anti jerawat biasanya berfokus pada memperbaiki regenerasi kulit atau menekan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com