News & Events

refluks 7

PERUBAHAN GAYA HIDUP UNTUK REFLUKS CAIRAN EMPEDU, PERLUKAH?

Posted by Ernest Admin on Friday, 21, July, 2017


Perubahan gaya hidup untuk refluks cairan empedu, perlukah? Tidak seperti refluks asam, refluks empedu tampaknya tidak terkait dengan faktor gaya hidup. Tapi karena banyak orang mengalami acid reflux dan empedu reflux pada saat bersamaan, gejala Anda mungkin berkurang dengan perubahan gaya hidup. Perubahan gaya hidup untuk refluks cairan empedu yang dapat coba anda lakukan adalah:

  • Berhenti merokok. Merokok meningkatkan produksi asam lambung dan mengeringkan air liur, yang membantu melindungi kerongkongan.
  • Makan lebih sedikit. Mengonsumsi makanan yang lebih kecil dan lebih sering mengurangi tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah, membantu mencegah katup dibuka pada waktu yang salah.
  • Tetap tegak setelah makan. Setelah makan, menunggu dua sampai tiga jam sebelum berbaring memungkinkan waktu agar perut Anda kosong.
  • Batasi makanan berlemak. Makanan berlemak tinggi mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah dan memperlambat laju makanan meninggalkan perut Anda.
  • Hindari masalah makanan dan minuman. Beberapa makanan meningkatkan produksi asam lambung dan bisa mengendurkan sphincter esofagus bagian bawah. Di antara makanan dengan efek ini adalah minuman berkafein dan berkarbonasi, coklat, makanan sitrus dan jus, dressing berbasis cuka, bawang merah, makanan berbasis tomat, makanan pedas dan mint.
  • Batasi atau hindari alkohol. Minum alkohol meremehkan sfingter esofagus bagian bawah dan mengganggu kerongkongan.
  • Menurunkan berat badan berlebih. Perubahan gaya hidup untuk refluks cairan empedu termasuk juga menurunkan berat badan. Gastritis dan refluks asam lambung lebih mungkin terjadi bila kelebihan berat badan menambah tekanan pada perut Anda.
  • Angkat tempat tidurmu Tidur dengan tubuh bagian atas terangkat 4 sampai 6 inci (10 sampai 15 sentimeter) dapat membantu mencegah gejala refluks. Mengangkat kepala tempat tidur Anda dengan balok atau tidur di baji busa lebih efektif daripada menggunakan bantal tambahan.
  • Saat Anda mengalami stres, pencernaan melambat, mungkin memperburuk gejala refluks. Teknik relaksasi, seperti pernapasan dalam, meditasi atau yoga, dapat membantu.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com