News & Events

mastitis 6

PERBEDAAN MASTITIS DAN SALURAN TERSUMBAT DARI PENYEBAB YANG PALING SERING

Posted by Ernest Admin on Saturday, 8, July, 2017


Perbedaan mastitis dan saluran tersumbat dari penyebab yang paling sering. Sumbatan saluran asi dan peradangan payudara adalah 2 gangguan menyusui yang kerap terjadi. Meski serupa, penanganan keduanya bias berbeda, maka dari itu yuk kita kenali perbedaan mastitis dan saluran tersumbat dari penyebab yang paling sering.

Pada saluran asi tersumbat, penyebabnya antara lain:

  • Pembengkakan atau pengeluaran susu yang tidak adekuat (karena masalah posisi menyusui, pengisapan tidak efektif, variasi lidah atau variasi anatomis lainnya, sakit puting susu, bayi mengantuk atau terganggu, kelebihan pasokan asi, menyusui dengan terburu- buru, membatasi waktu bayi di payudara, penggunaan perisai puting susu, anak kembar atau lebih, pori-pori puting susu yang tersumbat, dll.).
  • Pemberian makan yang jarang terjadi (karena sakit puting susu, tumbuh gigi, empeng berlebihan, ibu sibuk, kembali bekerja, bayi tiba-tiba tidur lebih lama, penjadwalan, pemberian makanan pendamping/ pelegkap, menyapih dengan tiba-tiba, dll.).
  • Tekanan pada saluran (dari jari, bra ketat atau pakaian, posis tidur, dll).
  • Peradangan (dari luka, infeksi bakteri / ragi, atau alergi).
  • Stres, kelelahan, anemia, kekebalan melemah

Pada mastitis penyebabnya, bias disebabkan oleh:

  • Susu stasis (biasanya penyebab utama) Sama seperti saluran asi tersumbat. Saluran asi tersumbat juga merupakan faktor risiko.
  • Putting yang sakit, retak atau berdarah bisa memberi jalan masuk untuk infeksi. Ibu yang tinggal di rumah sakit meningkatkan paparan terhadap organisme infeksius. Infeksi yang jelas pada puting susu (retak / fisura dengan nanah, nyeri) merupakan faktor risiko. Riwayat mastitis masa lalu adalah faktor risiko.
  • Stres, kelelahan, anemia, kekebalan melemah

Perbedaan mastitis dan saluran tersumbat dari penyebab yang paling sering telah diuraikan diatas. Dari uraian dapat disimpulkan sumbatan saluran asi biasanya terjadi karena pengeluaran asi yang tidak sempurna sedangkan mastitis biasanya lebih karena adanya infeksi.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com