News & Events

perbedaan asi dan susu formula

Perbedaan ASI dan Susu Formula

Posted by alamaya on Tuesday, 7, July, 2015


Apakah ada perbedaan kandungan antara ASI dengan Susu Formula ?

Selain ASI kita sebagai masyarakat juga mengenal yang namanya Susu Formula. Tentunya bunda juga sudah tau dong !! Nah Susu formula ini ialah susu selain ASI yang biasanya juga diberikan kepada bayi pada umumnya dan bahan dasar dari Susu formula ini ialah Susu sapi. Akan tetapi terkadang ada juga yang menggunakan bahan dasar susu kambing maupun susu kedelai. Susu formula ini diubah formulanya dengan mempertimbangkan kemanannya dan kegunaan serta manfaatnya bagi sistem pencernaan bayi serta anak-anak.
Walaupun susu formula sudah didesain sedemikian rupa bahkan sesuai dengan kandungan yang ada pada ASI. Tentunya tidak akan sama dengan ASI yang sesungguhnya. Para wanita tentunya bisa memproduksi susu yang benar-benar diperuntukkan untuk bayi manusia. Dan juga merupakan susu yang mempunyai manfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan sang anak. Sedangkan susu formula yang berasal dari mamalia lain tentu beda, dan walau sempurna bagi keturunannya, tentu tidak bisa disamakan dengan pemberian ASI oleh seorang ibu kepada anaknya.
Bahan-bahan yang terkandung didalam ASI dan Susu Formula itu berbeda. Perbedaan ini bisa kita lihat bahwa susu formula banyak mengandung protein yang lebih sedangkan ASI lebih banyak mengandung asam lemak ganda daripada susu formula.
Salah satu perbedaan yang dapat dirasakan ialah ketika ibu menyusui dengan ASI maka tidak perlu repot untuk membuat susu ataupun membawa botol susu dan susu kesana kemari, tidak mengeluarkan biaya banyak hanya untuk membeli susu formula. Dengan ASI ibu akan lebih menghemat uang ibu untuk membeli susu.
Selain itu susu formula ini sudah jelas terbuat dari susu kambing dan susu sapi. Nah, lebih enaknya itu susu sapi yaa buat sapi, susu kambing yaa buat kambing. Dan untuk anak manusia ya lebih cocok dengan ASI. Sehingga kandungan ASI dan manfaat yang terkandung dalam ASI tersedia dalam jumlah yang tepat dan sesuai untuk bayi manusia.
ASI adalah suatu cairan hidup yang sangat berespon terhadap kebutuhan anak dan juga pertumbuhannnya. Kandungan yang terdapat didalam ASI salah satunya ialah zat anti infeksi dimana kandungan sangat berfungsi untuk mencegah anak dari infeksi dan berbagai penyakit bayi lainnya.
Namun jika kondisi ibu bayi tidak memungkinkan untuk memberi ASI yang cukup. Maka segera konsultasikanlah kepada dokter, jangan sampai proses menyusui jadi terhambat dan jadi tidak lancar.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com