News & Events

ra 14

PERAWATAN RA: JANGAN LEWATKAN OBAT MESKIPUN ANDA MERASA SEHAT

Posted by Ernest Admin on Friday, 31, March, 2017


Perawatan RA (rheumatoid arthritis): Jangan lewatkan obat meskipun anda merasa sehat. Obat ya untuk mengobati penyakit, kalau tidak sakit kenapa minum obat? Paradigma ini memang telah tertanam dibenak kita masyarakat awam. Kita percaya bahwa obat kimia bisa menimbulkan efek samping sehingga bila penyakit sudah ‘nampak hilang’ obat tentu harus dihentikan. Ya pendapat ini bisa benar, namun tidak pada semua keadaan.

Pada perawatan RA, penting untuk terus mengkonsumsi obat yang diresepkan dokter anda meskipun saat ini anda tidak merasakan gejala. Anda mungkin tergoda untuk melewatkan obat Anda pada hari-hari ketika Anda merasa lebih baik. Jangan lakukan itu.

Melewatkan obat bisa menyebabkan rasa sakit kembali dan mungkin lebih sulit untuk diperbaiki nanti. RA Anda juga bisa menjadi lebih buruk.

Beberapa obat harus tetap ada dalam aliran darah Anda pada tingkat tertentu agar efektif. Jika Anda melewatkan obat terlalu sering, kadar obat akan turun dan Anda bisa berakhir dengan serangan RA. Anda mungkin lupa minum obat sekali-sekali, dan itu ok. Segera minum obat setelah Anda ingat (tapi jangan mengambil dosis ganda).

Dokter yang memberi perawatan RA pada Anda mungkin meresepkan lebih dari satu obat RA, ada alasan yang baik untuk itu. Salah satu obat yang dapat meringankan rasa sakit Anda, sementara yang lain membantu untuk menghentikan kerusakan sendi. Jika Anda tidak yakin obat apa yang anda konsumsi atau mengapa Anda membutuhkan mereka, meminta dokter Anda menjelaskan. Juga ceritakan jika ada efek samping atau biaya menjadi masalah. Dokter dapat membantu Anda mencari solusi.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com