News & Events

insulin

PERAN INSULIN PADA PENDERITA DIABETES

Posted by Ernest Admin on Monday, 24, October, 2016


Kita sering mendengar tentang hormon insulin dalam ulasan- ulasan mengenai diabetes, namun bagaimana perannya dalam penyakit diabetes? Berikut penjelasannya:

Untuk memahami mengapa insulin penting dalam diabetes, kita harus memahami bagaimana tubuh menggunakan makanan yang kita makan sebagai sumber energi. Tubuh kita terdiri dari jutaan sel. Untuk menghasilkan energi, sel-sel ini membutuhkan makanan dalam bentuk yang sangat sederhana. Ketika kita makan atau minum, sebagian besar makanan itu dipecah menjadi gula sederhana yang disebut “glukosa”. Kemudian, glukosa di transportasikan melalui aliran darah ke sel-sel tubuh kita, dimana glukosa itu dapat digunakan untuk menyediakan energi yang di butuhkan tubuh untuk aktifitas sehari- hari.

Jumlah glukosa dalam peredaran darah sangat ditentukan oleh hormon insulin. Insulin selalu dilepaskan dalam jumlah kecil oleh pankreas. Ketika jumlah glukosa dalam peredaran darah kita meningkat mencapai level tertentu, pankreas akan melepaskan lebih banyak insulin untuk memasukkan glukosa kedalam sel. Peningkatan kadar hormon insulin ini akan membuat kadar glukosa darah kita menurun.

Untuk menjaga agar kadar glukosa darah tidak terlalu rendah (kadar gula darah rendah atau dalam istilah medis disebut hipoglikemia), tubuh akan melepaska sinyal “lapar” yang membuat kita ingin makan dan melepaskan cadangan glukosa yang disimpan di hati.

Pada penderita diabetes, insulin bisa sama sekali tidak dihasilkan atau sel-sel tubuh mereka tidak dapat mengenali insulin (resisten terhadap insulin), mengakibatkan tingginya gula yang beredar dalam darah, dan disebut gula darah tinggi.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com