News & Events

gastritis

PENYEBAB SAKIT MAAG ANDA: HELICOBACTER PYLORI

Posted by Ernest Admin on Sunday, 2, July, 2017


Helicobacter pylori. Penyebab sakit maag anda: Helicobacter pylori. Maag/ gastritis merupakan penyakit yang umum sekali dalam masyarakat. Maag kerap disangka diakibatkan oleh jadwal makan yang berantakan (sering melewatkan waktu makan) atau  makanan tertentu yang merangsang (seperti makanan pedas atau asam). Ternyata ada juga penyebab lain yang mesikipun sering menyebabkan gastritis, tidak pernah anda duga.

Helicobacter pylori adalah patogen lambung yang umum yang menyebabkan gastritis, penyakit tukak lambung, kanker pada lambung, dan limfoma lambung kelas rendah. Infeksi mungkin tidak bergejala atau berakibat pada berbagai tingkat dispepsia. Dispepsia adalah nyeri atau rasa tidak nyaman pada perut bagian atas atau dada, yang sering dirasakan sebagai adanya gas, perasaan penuh atau rasa sakit atau rasa terbakar di perut. Diagnosis gastritis yang diakibatkan oleh h. pylori ditegakkan dengan tes nafas urea, uji antigen tinja, dan pengujian sampel biopsi endoskopi. Pengobatannya adalah dengan inhibitor pompa proton ditambah antibiotik.

H. pylori adalah organisme gram negatif berbentuk spiral yang telah beradaptasi untuk berkembang dalam asam. Di negara berkembang, biasanya menyebabkan infeksi kronis dan biasanya didapat pada masa kanak-kanak. Di AS, infeksi kurang umum terjadi pada anak-anak namun meningkat seiring bertambahnya usia: pada usia 60, sekitar 50% orang terinfeksi. Infeksi paling sering terjadi pada orang kulit hitam, Hispanik, dan orang Asia.

Pada pemeriksaan kultur bakteri, organisme ini dapat dibudidayakan dari tinja, air liur, dan plak gigi, yang menunjukkan adanya infeksi oral-oral atau tinja-oral. Infeksi cenderung saling menular dalam keluarga dan di penghuni rumah susun/ panti asuhan. Perawat dan gastroenterologi tampaknya berisiko tinggi karena bakteri dapat ditularkan oleh endoskopi yang tidak dibersihkan dengan baik.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com