News & Events

penyebab jerawat

Penyebab Jerawat

Posted by alamaya on Wednesday, 9, September, 2015


Jerawat dapat terjadi pada siapa saja, namun Jerawat memang tak dapat dipisahkan dari kehidupan remaja dan orang dewasa pun terkadang juga masih mengalami masalah jerawat ini. Jerawat dalam bahasa medis sering disebut dengan acne vulgaris dan merupakan masalah klasik kulit wajah (dahi, hidung, pipi) meskipun terkadang dapat terjadi di leher, dada, bahu, punggung). Jerawat biasanya muncul karena makanan yang kita makan dan tergantung dari jenis kulit kita.

Berbagai faktor lain yang menyebabkan jerawat adalah:
Faktor Hormonal
Faktor hormonal merupakan penyebab jerawat membandel yang biasanya terkait dengan masalah hormonal pada usia remaja. Pada umumnya jerawat terjadi pada mereka yang berusia dibawah 28 tahun. Terutama bagi remaja, mereka sangat rentan terkena jerawat pada usia antara 14-19 tahun. Jerawat lebih sering terjadi pada wanita karena wanita lebih sering mengalami perubahan hormon seperti ketika menstruasi dan kehamilan. Jerawat kerap muncul pada beberapa wanita menjelang periode menstruasinya. Sedangkan pada wanita hamil jerawat muncul pada 3bulan pertama kehamilan.
Penggunaan Kosmetik yang Dapat Menimbulkan Iritasi
Jerawat dapat muncul akibat penggunaan kosmetik karena kosmetik mengandung zat kimia yang belum tentu cocok untuk semua jenis kulit, bahan-bahan tersebut biasanya terkandung dalam produk tabir surya atau sunscreen.
Penggunaan Alat Make-up yang Kotor
Bagi kaum wanita pasti sudah sangat mengenal alat-alat make-up seperti: kuas, spons bedak, dll. Hendaknya juga memperhatikan kebersihan alat-alat make-up tersebut jangan sampai menggunakan alat-alat make-up yang kotor karena bisa menyebabkan jerawat.
Terlalu Sering Mencuci Muka
Mencuci kulit wajah memang baik, namun jika terlalu sering dilakukan, juga dapat berbahaya bagi kulit. Karena hal tersebut justru akan membuat produksi kelenjar minyak dalam kulit meningkat. Maka dari itu anda cukup mencuci kulit wajah dua kali sehari yaitu di pagi dan malam hari sebelum anda tidur.
Terlalu Sering Menyentuh Kulit Wajah
Saat tangan anda menyentuh kulit wajah, mungkin saja pada saat itu tangan anda tidak dalam keadaan bersih. Akibatnya dapat menjadi media penyebaran kuman/bakteri yang dapat menyebabkan jerawat. Terlebih lagi jika wajah anda berjerawat, jika anda menyentuh jerawat tersebut besar kemungkinan jerawat akan menyebar ke permukaan kulit wajah yang lain.
Mengalami Stress atau Tekanan Batin
Salah satu penyebab jerawat adalah karena kadar hormon stress dalam tubuh berlebihan, sehingga memicu timbulnya jerawat.
Malas Membersihkan Keringat
Salah satu kebiasaan buruk adalah anda malas membersihkan keringat dan membiarkannya dalam waktu yang cukup lama bahkan membawanya hingga tertidur. Sedangkan dalam keringat terkandung bakteri yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Jadi saya sarankan jangan pernah membiarkan keringat berlama-lama menempel di kulit anda, bersihkan segera agar anda terhindar dari jerawat.
Malas Keramas
Malas keramas dapat menyebabkan timbulnya jerawat terlebih jika kulit kepala anda cenderung berminyak. Minyak tersebut akan mengalir ke wajah, lalu bercampur dengan debu, kotoran ataupun bakteri, yang akhirnya menyebabkan penyumbatan pada pori-pori kulit anda sehingga muncullah jerawat.
Kurang tidur atau sering begadang
Seseorang yang kurang tidur dan sering begadang rentan terhadap stress. Selain itu tidur terlalu malam juga dapat memperparah jerawat yang sudah ada sebelumnya. Karena pada saat kurang istirahat, akan memaksa tubuh untuk memproduksi hormon insulin lebih banyak sehingga jerawat dengan mudah terbentuk. Maka dari itu tidurlah yang cukup karena pada saat kita tidur kulit melakukan regenerasi sehingga kondisi kulit diperbaiki.
Malas Mengganti Perlengkapan Tidur
Selimut, seprei, sarung bantal guling, handuk, jika tidak dicuci secara rutin sebenarnya mengandung banyak bakteri dan sel kulit mati yang jika kita gunakan secara terus-menerus akan menyebabkan timbulnya penyakit kulit yang salah satunya adalah jerawat.
Mengeringkan Wajah Secara Berlebihan
Mengeringkan wajah secara berlebihan dapat menyebabkan iritasi. Sehingga kulit memproduksi minyak dalam jumlah yang banyak dengan tujuan untuk menstabilkan keadaan kulit yang iritasi.
Lupa Membersihkan Wajah di Malam Hari
Kebanyakan orang yang berjerawat adalah mereka yang malas untuk membersihkan wajah di malam hari sebelum tidur, setelah beraktifitas seharian dengan menggunakan make up tebal. Sehingga sisa-sisa make up tadi menyumbat pori-pori wajah dan menyebabkan timbulnya jerawat.
Menggunakan Pakaian Ketat
Setiap 40 menit, manusia kehilangan sekitar 1 juta sel kulit mati. Pada saat menggunakan pakaian ketat, sel kulit mati tidak terbuang melainkan menumpuk dan bercampur kembali dengan kotoran dan minyak yang pada akhirnya dapat menyebabkan jerawat.
Pola Makan yang Kurang Tepat
Mengkonsumsi makanan yang dapat menyebabkan kadar gula dalam tubuh meningkat seperti: kue yang manis-manis, gula, gorengan, coklat, kacang-kacangan,dll dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat.
Merokok
Suatu penelitian yang dilakukan di San Gallicano Dermatological Institute di Roma, mengidentifikasi jerawat non-inflamasi muncul di kalangan perokok. Jadi jika anda ingin terhindar dari jerawat hentikanlah kebiasaan merokok.
Berjemur dalam Waktu Lama
Berjemur dibawah sinar matahari atau istilahnya tanning memang baik dilakukan karena sinar uv yang bersifat antibakteri. Namun jika dilakukan secara berlebihan juga dapat menyebabkan kulit kering akibatnya kulit memproduksi minyak dalam jumlah banyak. Selain menyebabkan jerawat, tanning juga dapat menyebabkan kanker kulit.
Setelah mengetahui apa saja penyebab jerawat, kita dapat dengan mudah menemukan solusinya, yaitu dengan menghindari semua hal yang menjadi penyebab jerawat.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com