News & Events

bayi7

PENYEBAB GAS PADA BAYI Part 2

Posted by Ernest Admin on Sunday, 23, April, 2017


Penyebab gas pada bayi. Selain sistem pencernaan yang belum berkembang sempurna dan banyak udara yang tertelan, gas pada bayi bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

  • Penyebab gas pada bayi ternyata bisa berasal dari pasokan air susu yang berlebih. Pasokan air susu berlebih, kerap menyebabkan bayi kewalahan saat minum susu, sehingga banyak udara yang ikut tertelan.
  • Sariawan/ Thrush, dapat menjadi penyebab gas pada bayi. Oral thrush terjadi saat infeksi jamur berkembang di bagian dalam mulut dan lidah. Kondisi ini juga dikenal sebagai kandidiasis orofaringeal. Jamur Candida albicans  dapat menyebabkan sariawan. Sejumlah kecil jamur ini biasanya hidup di mulut Anda tanpa menimbulkan bahaya. Thrush (untuk menunjukkan bahwa di dalam mulut bayi) dan ragi (untuk menunjukkan pada puting ibu atau di payudaranya) adalah jamur yang tumbuh subur pada susu di puting susu, di saluran susu, dan di mulut bayi. Thrush dan ragi juga bisa hadir pada wanita yang tidak sedang menyusui dan juga pada pria.
  • Bayi yang melewatkan beberapa hari tanpa buang air besar cenderung memiliki banyak gas. Bayi asi yang lebih tua (setelah 6-8 minggu pertama) bisa tidak buang air besar selama beberapa hari. Namun, harus diperhatikan bahwa tidak BAB selama sepuluh hari atau lebih merupakan sesuatu yang tidak biasa! Periode yang panjang dalam siklus BAB pada bayi tidak perlu dikawatirkan bila bayi jelas berkembang, perut bayi tetap lembut, bayi tampak puas dan waspada. Perhatiakan juga tinjanya, bila lunak dan banyak setelah beberapa hari tidak BAB, maka tidak ada yang perlu diakwatirkan.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com