News & Events

diare2

PENYEBAB DIARE

Posted by Ernest Admin on Friday, 16, December, 2016


Diare sudah tidak asing lagi ditelinga kita, nah sudah taukah anda apa saja yang dapat menyebabkan diare?
Diare menurut penyebabnya dapat dibedakan menjadi diare karena infeksi (karena mikroba seperti bakteri, virus atau parasit) dan diare non-infeksi (malabsorbsi, alergi, dll.)

Sebagian besar kasus diare adalah gejala dari infeksi di saluran pencernaan anda. Mikroba yang sering menyebabkan infeksi saluran pencernaan dan mengakibatkan diare dapat dikelompokkan menjadi 3 yaitu: bakteri, virus dan parasit.

Bakteri penyebab diare yang paling sering ditemui di Amerika Serikat adalah Salmonella, Campylobacter, Shigella dan Escherichia coli yang dapat memproduksi toksin Shiga. Pada kelompok virus beberapa janis virus yang sering mengakibatkan diare misalnya: Rotavirus, Norwalk virus, Adenovirus. Giardia lambdia dan Entamoeba hystolitica merupakan contoh dari kelompok parasit penyebab diare. Mengetahui jenis mikroorganisme mana yang menginfeksi saluran pencernaan anda akan memudahkan pengobatan dan mempercepat kesembuhan anda.

Pada diare non-infeksi, diare dapat disebabkan karena: sindrom iritasi usus (Irritable bowel syndrome/ IBS), penyalahgunaan alkohol, alergi terhadap makanan tertentu, diabetes, penyakit usus lain (seperti penyakit chron atau kolitis ulserativa), makan makanan yang mengganggu sistem pencernaan, penyalahgunaan obat pencahar, obat-obatan, hipertiroid (kelenjar tiroid yang terlalu aktif), terapi radiasi, berlari ( beberapa orang dapat mengalami diare “pelari” yang belum ditemukan penyebab pastinya), beberapa jenis kanker, operasi pada sistem pencernaan, dan malabsorbsi (kesulitan dalam menyerap nutrisi tertentu seperti susu dan produk olahannya).

Diatas adalah sedikit uraian mengenai penyebab diare, seperti telah kita baca diatas, penyebab utama diare adalah infeksi mikroorganisme yang dapat kita hindari dengan membiasakan diri hidup bersih dan sehat.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com