News & Events

tanda vital

PENGUKURAN TANDA VITAL: TEKANAN DARAH

Posted by Ernest Admin on Wednesday, 19, July, 2017


Pengukuran tanda vital: tekanan darah. Tekanan darah merupakan salah satu dari 4 tanda- tanda vital yang umumnya diperiksa dalam pemeriksaan fisik. Tekanan darah penting diukur untuk mengetahui seberapa baik sirkulasi darah dalam tubuh. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengukuran tanda vital terutama tekanan darah, seperti posisi duduk pasien dan pemeriksa, alat yang digunakan hingga apa-apa yang dikonsumsi pasien sebelum tes. Berikut ulasannya.

Pada pengukuran tanda vital seperti tekanan darah, memposisikan pasien adalah faktor penting untuk memperoleh tekanan darah yang akurat. Sebelum dilakukan pengukuran tekanan darah, pasien harus tetap dalam posisi duduk selama setidaknya 5 menit. Selama ini mereka harus nyaman dan santai di kursi dengan punggung bersandar, kaki harus nyaman dan menapak ke lantai.

Setelah pemeriksa siap untuk mengukur tekanan darah, lengan pasien harus didukung (dapat menggunakan meja) dengan nyaman pada setentang jantung. Tekanan darah dapat turun ataupun naik jika lengan berada di atas atau dibawah jantung. Pemeriksa juga harus memastikan bahwa angka sphygmomanometer dapat terlihat, dan posisi pemeriksa juga harus nyaman.

Manset kemudian dipasang dengan pipa sejajar dengan arteri brakialis. Sebaiknya, pasien tidak menggunakan pakaian dengan lengan yang ketat. Menggulung lengan pakaian akan menghasilkan efek tourniquet yang menghambat aliran darah, sehingga memalsukan hasil pengukuran. Jika memungkinkan, ujung bawah manset harus 2-3 cm di atas fossa antecubital untuk meminimalkan kebisingan buatan oleh stetoskop yang bergesekan dengan manset.

Penundaan pengukuran tekanan darah dilakukan jika pasien telah merokok, berolahraga, atau makan/minum produk berkafein atau stimulan lainnya sebelum pengukuran.

Sumber: http://dokudok.com/ketrampilan-klinis/prosedur-pemeriksaan-tekanan-darah/

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com