News & Events

pirfenidone

PENGOBATAN PENYAKIT PARU INTERSTISIAL: PIRFENIDONE

Posted by Ernest Admin on Tuesday, 25, April, 2017


Pirfenidone (Esbriet®) adalah obat anti-fibrotik. Umumnya tersedia dalam bentuk sediaan oral diminum tiga kali sehari. Bermanfaat untuk memperlambat perkembangan penyakit bagi sebagian orang dengan idiopathic pulmonary fibrosis (IPF). Beberapa efek samping termasuk: Mual, kehilangan nafsu makan, sakit perut dan photosensitivity (kecenderungan untuk mudah mengembangkan terbakar sinar matahari, ini bisa berat).

Esbriet, adalah salah satu merek dagang dari pirfenidone yang tersedia secara komersial di AS, Inggris, dan Asia. Digunakan untuk mengobati kasus fibrosis paru idiopatik (IPF) ringan sampai sedang.

Bagaimana Esbriet bekerja

Pada penyakit paru interstisial, ada pembentukan berlebihan dari jaringan parut di paru-paru. Disebabkan karena berbagai reaksi inflamasi dalam menanggapi infeksi primer atau kelebihan sekresi kolagen oleh fibroblas dan sel. Jaringan parut pada paru, mengakibatkan penurunan kapasitas difusi oksigen dan kekakuan pada paru-paru. Selanjutnya muncul sebagai gejala ketidaknyamanan yang dikeluhkan pasien.

Pirfenidone (Esbriet) adalah obat anti-inflamasi dan anti-fibrosis yang mengurangi peradangan dan fibrosis secara bersamaan. Cara kerja utama terletak dalam mengurangi sekresi fibroblast dan menghambat TGF-β (yang bertanggung jawab untuk produksi kolagen berlebih), dan mengurangi sekresi mediator inflamasi seperti TNF-α dan IL-1β.

Studi kedua pra-klinis dan manusia telah menunjukkan efektivitas dan keamanan obat dalam hal toleransi dan efek samping. Sebuah peningkatan yang cukup berarti pada tingkat volume paksa ekspirasi (FEV), sekresi normal sitokin pro-inflamasi, dan pengurangan dalam jaringan paru-paru fibrotik ditemukan dalam beberapa uji klinis yang dilakukan secara tergantung dosis.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com