News & Events

Pencegahan Asma

Pencegahan Asma

Posted by alamaya on Saturday, 19, September, 2015


Semua gejala penyakit asma perlu pencegahan asma supaya tidak kambuh dan mengganggu aktifitas sehari-hari. Serangan penyakit asma bisa dicegah jika faktor pemicunya diketahui dan bisa dihindari. Usaha-usaha pencegahan yang dapat dilakukan untuk mencegah datangnya serangan asma:
1. Menjaga Kesehatan
Menjaga kesehatan merupakan usaha yang tak terpisahkan dari pengobatan penyakit asma. Bila penderita lemah dan kurang gizi tentu mudah terserang penyakit terutama asma beserta komplikasinya. Usaha untuk menjaga kesehatan dengan makanan yang bergizi, minum banyak,istirahat cukup. Banyak minum air dapat mengencerkan dahak yang ada di saluran pernafasan sehingga dahak mudah dikeluarkan. Pada serangan penyakit asma berat banyak penderita kekurangan cairan. Hal ini disebabkan karena penderita banyak mengeluarkan keringat, kurang minum dan penguapan cairan berlebihan dari saluran nafas akibat bernafas cepat dan dalam
2. Menjaga Kebersihan Lingkungan
Lingkungan dimana penderita hidup sehari-hari sangat mempengaruhi timbulnya serangan asma. Keadaan rumah sangat penting diperhatikan agar tidak lembab, bersihkan debu-debu, cukup ventilasi dan cahaya matahari. Hewan peliharaan, asap rokok dan semprotan nyamuk dapat memicu serangan asma.
3. Menghindari Faktor Pencetus
Alergen yang paling banyak menyebabkan asma adalah debu rumah sehingga pastikan rumah bebas dari debu. Bulu kucing, anjing, burung, tikus serta kecoa juga dapat menjadi pencetus serangan asma.
Hindari zat-zat yang merangsang saluran nafas seperti asap rokok, asap mobil, uap bensin, cat, uap zat-zat kimia dan udara yang kotor.
Hindari kelelahan yang berlebihan, kehujanan, penggantian suhu udara yang ekstrim, berlari-lari mengejar kendaraan umum, atau olahraga yang sangat melelahkan. Jika akan berolahraga sebaiknya lakukan pemanasan dahulu atau konsumsi obat/suplemen untuk mencegah serangan asma.
Perhatikan obat-obatan yang dikonsumsi seperti: obat untuk darah tinggi dan jantung (beta-blocker), obat anti rematik, aspirin, zat pewarna (tartrazine), zat pengawet makanan (benzoat) juga dapat mencetuskan penyakit asma.
4. Menggunakan Obat Anti Asma
Obat asma terbagi menjadi 2 jenis sesuai dengan fungsinya yaitu: Controller / Pengendali Asma biasanya diberikan setiap hari sebagai pencegahan penyakit asma dan reliever / Pereda Serangan Asma yang hanya diberikan saat terjadi serangan asma, biasanya berbentuk Inhaler.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com