News & Events

lung 2

PEMERIKSAAN PENYAKIT PARU INTERSTISIAL: TES FUNGSI PARU

Posted by Ernest Admin on Wednesday, 19, April, 2017


Tes fungsi paru: Pemeriksaan penyakit paru interstisial (PPI).  Mengidentifikasi dan menentukan penyebab penyakit paru-paru interstitial seringkali cukup menantang. Sebagian gejala dapat serupa dengan gejala dari banyak penyakit lain. Diagnosis penyakit paru interstisial ditegakkan melalui wawancara anda dengan dokter dan serangkaian tes. Tes yang umum dilakukan meliputi tes pencitraan paru, tes fungsi paru dan analisis jaringan paru.

Pada artikel kali ini akan dibahas tes fungsi paru- paru apa saja yang dapat dilakukan untuk membantu menentukan diagnosis.

  • Oksimetri. Tes ini menggunakan perangkat kecil yang ditempatkan pada salah satu jari Anda untuk mengukur saturasi oksigen dalam darah Anda selama dan sambil berjalan. Mengukur saturasi  oksigen menunjukkan berapa banyak oksigen yang dibawa dalam darah dibandingkan kapasitas maksumunnya. ·   SpO2 lebih besar dari 95% umumnya dianggap normal.·   SpO2 dari 92% atau kurang (di permukaan laut) menunjukkan hipoksemia (kurang o2 dalam darah). Pada pasien dengan penyakit pernapasan akut (misalnya, influenza) atau kesulitan bernapas (misalnya serangan asma), SpO2 92% atau kurang menunjukkan kebutuhan untuk suplementasi oksigen. Pulse oksimetri dapat menjadi bantuan yang berguna dalam pengambilan keputusan, tapi bukan merupakan pengganti untuk penilaian klinis dan tidak cukup untuk diagnosis dengan sendirinya. Pengukuran gas darah arteri, pungsi arteri, merupakan standar emas untuk pengukuran saturasi oksigen.
  • Spirometri dan kapasitas difusi. Tes ini mengharuskan Anda untuk menghembuskan napas cepat dan tegas melalui tabung yang terhubung ke mesin yang mengukur berapa banyak udara yang dapat disimpan paru-paru dan berapa banyak udara yang dapat keluar dari paru-paru Anda. Hal ini juga mengukur seberapa mudah oksigen dapat berpindah dari paru-paru ke dalam aliran darah.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com