News & Events

pasakbumi6

PASAK BUMI (Eurycoma longifolia): MENURUNKAN STRES?

Posted by Ernest Admin on Tuesday, 28, February, 2017


Benarkan pasak bumi juga dapat menurunkan stres? Pasak bumi (Eurycoma longifolia) adalah tanaman obat yang biasa disebut tongkat ali (TA) dan ginseng Malaysia. Akarnya secara tradisional dikenal sebagai agen “anti-penuaan” dan suplemen modern  yang dimaksudkan untuk meningkatkan libido, energi, kinerja olahraga dan penurunan berat badan. Penelitian- penelitian sebelumnya telah menunjukkan tanaman ini berfungsi untuk merangsang pelepasan testosteron bebas, meningkatkan gairah seks, mengurangi kelelahan, dan meningkatkan kesejahteraan.

Pada penelitian mengenai efek pasak bumi (Eurycoma longifolia) terhadap stres, dilakukan penilaian terhadap hormon stres dan keadaan mood dari 63 subyek penelitian (32 laki-laki dan 31 perempuan). Mereka yang dipilih adalah yang mengalami stres derajat sedang. Subyek penelitian diberikan ekstrak air panas pasak bumi terstandar atau plasebo selama 4 minggu.

Hasilnya terjadi perbaikan signifikan yang ditemukan pada kelompok Pasak bumi untuk Ketegangan (-11%), Kemarahan (-12%), dan Kebingungan (-15%). Profil hormon stres (diukur berdasarkan kortisol saliva dan testosteron) secara signifikan ditingkatkan dengan suplementasi Pasak bumi, dengan berkurangnya paparan kortisol (-16%) dan meningkatnya testosteron (+ 37%).

Hasil ini menunjukkan bahwa suplementasi harian dengan ekstrak Pasak bumi (Eurycoma longifolia) meningkatkan profil hormon stres dan parameter keadaan mood tertentu. Menunjukkan bahwa pengobatan “kuno” ini mungkin merupakan pendekatan yang efektif untuk melindungi tubuh dari efek merusak dari stres kronis yang mungkin terjadi termasuk stres sehari-hari, stres diet, kurang tidur, dan akibat pelatihan olahraga.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com