News & Events

pasakbumi5

PASAK BUMI: DALHULU DAN SEKARANG

Posted by Ernest Admin on Monday, 27, February, 2017


Penggunaan herbal Pasak bumi (Eurycoma longifolia) telah dimulai sejak lama. Khasiatnya yang ampuh membuatnya terus dimanfaatkan dan dikembangkan hingga sekarang.

Penggunaan tradisional

Pasak bumi (Eurycoma longifolia) telah digunakan selama berabad-abad di Malaysia dan Asia Tenggara sebagai afrodisiak untuk hilangnya gairah seksual dan impotensi. Dapat juga mengobati depresi post-partum, malaria, tekanan darah tinggi, dan kelelahan. Dahulu penggunaan pasak bumi adalah dengan direbus atau direndam, kemudian diminum airnya.

Tanaman ini telah disebut sebagai “Viagra yang tumbuh dirumah” di Malaysia. Pemerintah Malaysia mengerahkan usaha yang cukup besar untuk melisensi, mengembangkan, dan mempertahankan penelitian manfaat kesehatan potensial dari Eurycoma longifolia melalui berbagai organisasi pemerintah, termasuk Hutan Lembaga penelitian Malaysia (FIRM).

Ekstrak modern

Kini cara pengolahan Eurycoma longifolia telah lebih maju, sebagian besar kini dibuat dalam bentuk ekstrak, bahkan dikombinasikan dengan zat berkhasiat lain. Penelitian tentang herbal ini juga semakin berkembang, tidak hanya terbatas sebagai afrodisiak.

Banyak iklan suplemen  mengklaim memiliki ekstrak rasio dari 1:20 hingga  1: 200 tanpa informasi lebih lanjut tentang konstituen bioaktif, metodologi ekstraksi (mis etanol dibandingkan air), atau kemurnian ekstrak.

Ekstrak alkoholnya telah dipelajari pada tikus untuk efek antimalaria dari kandungan eurycomalactone nya, tetapi ini menunjukkan efek toksik pada dosis tinggi (dosis letal 50 sebesar 2,6 g / kg), yang akan menghalangi penggunaan yang aman pada manusia sebagai suplemen jangka panjang.

Sebaliknya, ekstrak akar air panas standar dengan komponen bioaktif yang diketahui (1% eurycomanone, 22% protein, 30% polisakarida, 35% glycosaponin) telah terbukti sangat aman pada dosis tinggi dan untuk konsumsi jangka panjang.

Ekstrak akar air panas standar yang sesuai memiliki rasa pahit yang jelas karena adanya quassinoids, yang diakui sebagai salah satu senyawa pahit dialam. Ekstrak pasak bumi yang tidak terasa pahit kemungkinan kurang murni atau bahkan palsu.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com