News & Events

olahraga dan diabetes

Olahraga dan Diabetes

Posted by alamaya on Monday, 20, July, 2015


Olahraga dan Diabetes adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan karena hanya dengan aktifitas fisik penderita Diabetes dapat menghilangkan lemak-lemak yang menumpuk di organ hati dan perut serta menurunkan resiko penyakit jantung. Ini sangat penting karena kelebihan berat badan atau obesitas adalah salah satu faktor utama penyebab diabetes. Selain itu olahraga juga bisa mengontrol kadar gula darah sehingga resiko komplikasi terhadap diabetes dapat diminimalkan. Manfaat lain yaitu fungsi jantung lebih baik, aliran darah lancar, bobot tubuh yang berlebih pun turun. Yang terpenting dalam berolahraga adalah memilih olahraga yang disenangi karena harus dilakukan secara teratur dan masuk dalam daftar kegiatan sehari-hari. Jenis olahraga yang dianjurkan adalah aerobik yaitu olahraga yang dapat meningkatkan kapasitas jantung dan paru-paru sehingga membuat insulin bekerja lebih efisien, dapat membantu mengurangi lemak tubuh dan menurunkan berat badan. Yang termasuk olahraga aerobik adalah jalan kaki, lari, naik tangga, sepeda statis, joging, berenang, senam aerobik, menari dan bermain tali. Olahraga sebaiknya meliputi pemanasan, pemantauan denyut nadi, dan pendinginan termasuk peregangan.
Dalam memilih olahraga pelajarilah cara yang benar dan hindari cedera yang dapat memperburuk masalah terutama pada kaki. Lakukanlah pemanasan selama 5-10 menit sebelum berolahraga dan pendinginan 5-10 menit sesudah berolahraga. Pemanasan dapat meningkatkan denyut jantung, menghangatkan otot dan mencegah cedera. Sedangkan pendinginan menurunkan denyut jantung dan memperlambat pernafasan. Lakukan olahraga selama 30-60menit.
Sebaiknya jangan lakukan olahraga saat kadar gula darah anda >300mg/dl, dalam keadaan sakit, kaki terasa kebas, kesemutan atau nyeri, terjadi dehidrasi, nafas pendek, pusing, sakit perut, sakit dada, leher, bahu, rahang dan mata kabur.
Tujuan berolahraga bagi pasien diabetes adalah menurunkan kegemukan dan menurunkan kadar gula darah dengan mengaktifkan insulin, oleh karena itu lakukanlah olahraga secara teratur.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com