News & Events

glukokortikoid

OBAT RHEUMATOID ARTHRITIS: GLUKOKORTIKOID

Posted by Ernest Admin on Saturday, 11, March, 2017


Obat Rheumatoid Arthritis: Glukokortikoid. Rheumatoid arthritis (RA) adalah peradangan kronis pada sendi yang menyebabkan rasa sakit, bengkak dan kaku pada persendian (misalnya sendi kaki dan tangan). Hingga saat ini RA belum dapat disembuhkan.

Pengobatan dapat membantu mengurangi gejala peradangan pada persendian, mencegah atau memperlambat kerusakan, mengurangi tingkat disabilitas, dan membuat penderita rheumatoid arthritis bisa tetap hidup aktif. Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi obat, perawatan pendukung dan operasi, serta mengubah gaya hidup. Salah satu obat yang dapat digunakan untuk mengtasi RA adalah golongan Glukokortikoid.

Glukokortikoid adalah steroid. Mereka adalah obat anti-inflamasi kuat yang juga dapat memblokir respon imun lainnya. Obat ini bisa berbentuk tablet, salep, atau cairan suntik yang bisa disuntikkan langsung ke otot atau persendian yang sakit.

Steroid atau kortikosteroid merupakan obat sintetis yang menyerupai sebuah hormon yang dihasilkan tubuh secara alami. Steroid digunakan untuk meredakan nyeri jangka pendek karena jika digunakan secara jangka panjang bisa menimbulkan efek samping yang serius. Glukokortikoid juga dipilih bila obat- obat DMARDs telah mencapai efektivitas maksimal mereka

Efek samping tersebut bisa berupa mudah memar, kulit menjadi lebih tipis, osteoporosis, lemah otot, dan bertambahnya berat badan. Obat ini perlu dikonsumsi di bawah pengawasan dokter. Jika anda mengalami efek samping obat yang parah, jangan berhenti minum obat tiba-tiba. Berkonsultasilah dengan dokter Anda tentang apa yang harus dilakukan.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com