News & Events

peningkat sensitivitas insulin

OBAT ANTI DIABETES: GOLONGAN PENINGKAT SENSITIVITAS INSULIN

Posted by Ernest Admin on Saturday, 11, March, 2017


Obat anti diabetes: Golongan peningkat sensitivitas insulin. Diabetes Melitus merupakan suatu kelompok penyakit metabolik dengan karakteristik hiperglikemia yang terjadi karena kelainan sekresi insulin, kerja insulin atau keduanya. Diabetes diobati melalui terapi nutrisi, aktivitas fisik dan obat- obatan. Terapi dengan obat dapat dilakukan dengan obat anti diabetes atau insulin. Obat anti diabetes sendiri dibedakan menjadi 5 golongan berdasarkan cara kerjanya, salah satunya adalah golongan peningkat sensitivitas insulin.

Golongan peningkat sensitivitas insulin terdiri dari 2 macam yaitu biguanid dan tiazolidindion. Metformin adalah satu-satunya biguanid yang tersedia saat ini. Metformin sebagai peningkat sensitivitas insulin berguna terutama untuk penyandang diabetes gemuk yang mengalami penurunan kerja insulin. Alasan penggunaan metformin pada penyandang diabetes gemuk adalah karena obat ini menurunkan nafsu makan dan menyebabkan penurunan berat badan.

Sebanyak 25% dari penyandang diabetes yang diberikan metformin dapt mengalami efek samping pada saluran pencernaan, yaitu rasa tak nyaman di perut, diare dan rasa seperti logam di lidah. Pemberian obat ini bersama makanan dan dimulai dengan dosis terkecil dan meningkatkannya secar perlahan dapat meminimalkan kemungkinan timbulnya efek samping. Obat ini tidak seharusnya diberikan pada penyandang dengan gagal ginjal, hati, jantung dan pernafasan.

Metformin dapat digunakan sebagai obat tunggal atau dalam kombinasi. Obat-obatan oral mungkin gagal untuk mengontrol gula darah setelah beberapa saat sebelumnya berhasil (kegagagalan sekunder)  akibat kurangnya kepatuhan penyandang atau fungsi sel beta yang memburuk dan / atau terjadinya gangguan kerja insulin (resistansi insulin). Pada kasus-kasus ini, terapi kombinasi metformin dengan sulfonilurea atau penambahan penghamba-glucosidase biasanya dapat dicoba. Kebanyakan penyandang pada akhirnya membutuhkan insulin.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com