News & Events

insulin 03

MENGUKUR SENSITIVITAS INSULIN: TES KUANTITATIF INDEKS SENSITIVITAS INSULIN

Posted by Ernest Admin on Saturday, 15, April, 2017


Mengukur sensitivitas insulin dengan metode tes kuantitatif indeks sensitivitas insulin. Tes sensitivitas insulin sering dilakukan pada penderita diabetes melitus. Tes ini dapat dilakukan dengan beberapa metode, beberapa diantaranya adalah metode kuantitatif ini.

Quantitative insulin sensitivity check index/ Tes kuantitatif indeks sensitivitas insulin (QUICKI). Seperti HOMA, QUICKI dapat diterapkan untuk pasien normoglycemic dan hiperglikemia. Hal ini berasal dengan menghitung kebalikan dari jumlah nilai logaritmik menyatakan glukosa puasa dan insulin:

1

__________

[Log (I0) + log (G0)]

Banyak peneliti percaya bahwa tes kuantitatif indeks sensitivitas insulin lebih unggul HOMA sebagai cara untuk menentukan sensitivitas insulin, meskipun dua nilai berkorelasi dengan baik. Sebagai SI menurun, nilai-nilai QUICKI meningkat.

McCauley et al. (2001) Skor untuk mengukur Insulin Indeks Sensitivitas. ISI dihitung untuk massa tubuh bebas lemak dengan membagi tingkat pembuangan glukosa (M – mg / kg / min) dengan konsentrasi insulin plasma rata-rata selama akhir 60 menit dari tes 120 menit. Sebuah ISI dari <6,3 M / mU / l didefinisikan individu dengan resistensi insulin. Metode yang dikembangkan oleh penulis ini menggunakan kombinasi tertimbang puasa insulin (I0 – mU / l), puasa trigliserida (TG – mmol / l), dan Body Mass Index (BMI – kg / m2) untuk memperkirakan indeks sensivity insulin (ISI ). Para penulis hadir dua rumus untuk memperkirakan ISI; satu menggunakan I0, BMI, dan TG, dan yang lainnya hanya menggunakan I0 dan TG.

ISI = exp [3,29-0,25 * ln (I0) – 0,22 * ln (BMI) – 0,28 * ln (TG)]

ISI = exp [2,63-0,28 * ln (I0) – 0,31 * ln (TG)]

Dalam perbandingan dengan teknik klem insulin euglycemic rumus pertama (dengan BMI) memiliki spesifisitas 0,82 dan sensitivitas 0,63 untuk menentukan ISI. The forumula kedua (tanpa BMI) memiliki spesifisitas 0,84 dan sensitivitas 0,62.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com