News & Events

ginseng 4

MENGENAL BERBAGAI JENIS GINSENG

Posted by Ernest Admin on Saturday, 15, April, 2017


Mengenal berbagai jenis ginseng. Ginseng adalah salah satu tanaman herbal yang sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Bahkan di pusat-pusat perbelanjaan sering kita jumpai toko/ pameran yang menjual ginseng! Ginseng dikenal memiliki banyak khasiat seperti meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki memori hingga mengatasi ejakulasi dini. Taukah anda sebenarnya ada beberapa jenis ginseng yang kerap beredar dipasaran. Tanaman herbal yang kerap disebut ginseng mengacu pada spesies Panax ginseng atau ginseng korea.

Selain Panax ginseng, banyak tanaman lain yang juga dikenal atau keliru dianggap sebagai akar ginseng. Contoh yang paling umum dikenal adalah xiyangshen, juga dikenal sebagai ginseng Amerika (P. quinquefolius), ginseng Jepang (P. japonicus), ginseng putra mahkota (Pseudostellaria heterophylla), dan ginseng Siberia (Eleutherococcus senticosus). Meskipun semua memiliki nama “ginseng”, setiap tanaman memiliki fungsi yang jelas berbeda. Tanaman ginseng yang banyak memiliki manfaat dan banyak diteliti adalah yang milik genus Panax. Karenanya baik bila kita mengenal berbagai jenis ginseng, agar tidak salah bila akan membeli.

Berikut berbagai jenis ginseng yang dikenal:

  • Ginseng Korea (Panax ginseng)Ginseng yang umum dikenal adalah ginseng korea ini. Terdapat 4 macam ginseng korea, yaitu ginseng merah, putih, fresh dan ginseng liar. Memiliki bahan aktif ginsenosides or panaxosides.
  • Ginseng Amerika (P. quinquefolius). Adalah tanaman herba tahunan dalam keluarga araliaceae dan genus panax. Ginseng ini berasal dari Amerika Utara bagian timur, meskipun juga dibudidayakan di China. Memiliki bahan aktif yang disebut ginsenosides dan polisakarida.
  • Ginseng Jepang (Panax japonicus)Dari namanya dapat kita ketahui ini adalah tanaman ginseng dari genus Panaxyang asli tumbuh di Jepang.
  • Ginseng putra mahkota (Pseudostellaria heterophylla)Umumnya dikenal sebagai Hai Er Shen (Ginseng anak), Tai Zi Shen (GinsengPangeran), dan starwort palsu.Merupakanfamili Caryophyllaceae, digunakan dalam pengobatan Cina dan jamu untuk menguatkan qi dan menghasilkan cairan yin. Ginseng ini dikenal sebagai “ginsengparu-paru”.
  • Ginseng Siberia (Eleutherococcus senticosus)Dikenal sebagai eleuthero, telah digunakan selama berabad-abad di negara-negara Timur, termasuk China dan Rusia. Meskipun namanya ginseng, tanaman ini benar-benar berbeda dari ginseng Amerika dan ginseng Asia (Panax ginseng). Gineseng siberia memiliki komponen kimia aktif yang berbeda. Bahan aktif dalam ginseng Siberia,disebut eleutherosides, berfungsi merangsang sistem kekebalan tubuh.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com