News & Events

Insulin Injection

MENGAPA SENSITIVITAS INSULIN PENTING?

Posted by Ernest Admin on Friday, 7, April, 2017


Mengapa sensitivitas insulin penting? Sensitivitas insulin rendah dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Tubuh akan mencoba untuk mengkompensasi  sensitivitas yang rendah terhadap insulin dengan memproduksi lebih banyak insulin.

Sensitivitas insulin penting karena bila produksi insulin diperbanyak namun tidak bisa berfungsi, akan terjadi hiperinsulinemia. Hiperinsulinemia adalah kadar hormon insulin yang tinggi dalam darah, dikaitkan dengan kerusakan pembuluh darah, tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan gagal jantung, obesitas, osteoporosis dan bahkan kanker.

Periode stres dan penyakit dapat menyebabkan berkurangnya sensitivitas insulin dalam jangka pendek. Dalam kebanyakan kasus, sensitivitas insulin akan pulih setelah stres atau sakit telah berlalu.

Bagaimana sensitivitas insulin mempengaruhi orang-orang dengan diabetes?

Orang dengan sensitivitas insulin rendah, juga disebut sebagai resistensi insulin, membutuhkan jumlah  insulin lebih banyak baik dari pankreas mereka sendiri atau dari suntikan untuk menjaga gula darah tetap stabil. Memiliki resistensi insulin adalah tanda bahwa tubuh Anda mengalami kesulitan memetabolisme glukosa, dan ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih luas seperti tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol tinggi.

Sensitivitas insulin penting, namun sebaliknya, memiliki sensitivitas yang sangat tinggi terhadap insulin juga dapat menyebabkan masalah bagi orang-orang dengan diabetes tipe 1, anak-anak khususnya anak muda.

Sensitivitas insulin rendah, atau resistensi insulin, terkait dengan diabetes tipe 2, tetapi juga dapat terjadi di antara penderita diabetes tipe 1. Orang dengan diabetes tipe 1 dan mengalami resistensi insulin dikatakan memiliki diabetes ganda.

Para peneliti belum sepenuhnya memahami apa yang menyebabkan tubuh menjadi resisten terhadap insulin tetapi telah menemukan asosiasi yang kuat antara memiliki kelebihan lemak di sekitar organ (disebut lemak visceral) dan penurunan sensitivitas insulin.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com