News & Events

olahraga 6

MENGAPA ISTIRAHAT DAN OLAHRAGA PENTING UNTUK RA?

Posted by Ernest Admin on Wednesday, 15, March, 2017


Mengapa istirahat dan olahraga penting untuk ra? Rheumatoid arthritis adalah penyakit inflamasi kronis sistemik yang ditandai dengan pembengkakan dan nyeri sendi, serta destruksi membran sinovial persendian. Artritis reumatoid dapat mengakibatkan terjadinya disabilitas berat serta mortalitas dini.

Olahraga penting untuk ra, tetapi Anda juga harus bisa mengukur kemampuan diri sendiri. Pada saat serangan, ketika peradangan sendi memburuk, yang terbaik adalah mengistirahatkan sendi. Gunakan tongkat atau bidai sendi supaya sendi tidak banyak bergerak akan membantu selama serangan.

Ketika peradangan sendi telah membaik, Anda perlu latihan untuk sendi agar sendi anda tetap fleksibel dan memperkuat otot-otot yang mengelilingi sendi. Olahraga dengan benturan sendi rendah, seperti pilates, yoga, jalan cepat atau berenang, dan melakukan peregangan dapat membantu. Anda mungkin dapat mencoba latihan dengan ahli terapi fisik pada awalnya.

Contoh olahraga yang baik bagi penderita Artritis reumatoid adalah:

  • Yoga dan pilates. Pilates berfokus pada mobilitas sendi dan stabilitas menciptakan keseimbangan disekitar sendi dan meningkatkan fleksibilitas sendi disekitar sendi. Yoga dan pilates juga bekerja pada kesadaran tubuh untuk meningkatkan keseimbangan dan keselarasan. Penelitian menjunjukkan yoga telah terbukti bermanfaat bagi mereka dengan Artritis reumatoid. Studi dari arthritis foundation menemukan bahwa melakukan yoga dalam satujam dapat meredakan rasa sakit dan bengkak pada pasien RA.
  • Merupakan jenis latihan yang melibatkan otot tubuh secara berulang dan dengan ritme yang teratur. Latihan ini meningkatkan kesehatan jantung, paru-paru dan fungsi otot. Jenis latihan ini bermanfaat untuk mengontrol berat badan, mood, tidur dan kesehatan lainnya secara umum. Gerakan aerobik yang baik untuk penderita arthritis antara lain berjalan, menari aerobik, latihan aquatic, bersepeda atau latihan dengan bantuan alat seperti sepeda statis dan treadmill. Latihan aerobik selama 150 menit dalam seminggu adalah frekuensi dan waktu yang disarankan untuk penderita arthritis.

Disamping obat- obatan jangan lupakan istirahat dan aktivitas fisik. Ingat istirahat dan olahraga penting untuk ra.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com