News & Events

ra 14

MEMAHAMI PERAN EMOSI PADA RHEUMATOID ARTHRITIS

Posted by Ernest Admin on Tuesday, 21, March, 2017


Memahami peran emosi pada rheumatoid arthritis. Para peneliti mengatakan peran emosi pada rheumatoid arthritis menunjukkan kebutuhan untuk studi lebih lanjut. Terutama tentang bagaimana persisnya stres dan dampak kekawatiran berlebihan terhadap proses penyakit. Dr. Clauw mengatakan salah satu anggapan bahwa stres menyebabkan perubahan dalam fungsi otonom, neuroendokrin dan /atau sistem kekebalan tubuh.

Suatu studi di Belanda menawarkan penjelasan lain yang mungkin: karena kekawatiran mempengaruhi kesejahteraan emosional dan perilaku, bisa menyebabkan kurangnya kepatuhan terhadap pengobatan.

Meskipun bukti bahwa stres emosional dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, mengukur atau menjelaskan efeknya bisa sulit karena subjektivitas stres dan respon masyarakat terhadap stres berbeda, para ahli mengatakan.

Terry L. Moore, MD, direktur divisi Pra di St. Louis University School of Medicine di Missouri, mempertanyakan temuan dari penelitian di Belanda khususnya, karena dia mengatakan terlalu banyak variabel yang sulit untuk diukur.

“Aktivitas penyakit dilaporkan per individu bukan melalui pengamatan atau pemeriksaan, rasa sakit dan kelelahan juga sehingga tentu sangat subjektif,” kata Dr Moore. “Anda mengandalkan pasien untuk memberitahu Anda apa yang terjadi di siang hari. Kelelahan bisa bervariasi tergantung aktivitas masing-masing individu juga. Seseorang bisa mengatakan dia kelelahan padahal mungkin bukan karena penyakitnya melainkan aktivitasnya yang lebih berat “.

Peran emosi pada rheumatoid arthritis sering dikaitkan dengan kejadian depresi pada pasien RA. Depresi pada rheumatoid arthritis (RA) adalah hampir tiga kali lipat dari populasi umum, namun seringkali tidak terdiagnosis. Salah satu alasan untuk ini adalah bahwa beberapa gejala RA, seperti kelelahan dan kurang tidur bisa dengan mudah disangka akibat dari RA, meskipun gejala tersebut juga bisa menjadi indikator suasana hati yang buruk dan/atau kecemasan. Namun, meskipun orang-orang dengan RA lebih rentan terhadap depresi daripada populasi umum, banyak dengan RA tidak akan mengalami gejala ini dan para ahli mengatakan depresi hanya dapat mempengaruhi sekitar 13-20% pasien RA.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com