News & Events

katuk 4

MANFAAT DAUN KATUK DALAM MENGINDUKSI PRODUKSI ASI. Part 2.

Posted by Ernest Admin on Thursday, 12, October, 2017


Manfaat daun katuk dalam menginduksi produksi asi. Telah dibahas sebelumnya beberapa bukti penelitian akan manfaat daun katuk dalam menginduksi produksi asi. Berikut beberapa bukti penelitian lain.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun katuk dapat memperlancar produksi ASI. Salah satunya adalah penelitian yang diterbitkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan RI tahun 2004. Penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian ekstrak daun katuk pada ibu menyusui dengan dosis 3 x 200 mg per hari selama 15 hari setelah melahirkan dapat meningkatkan produksi ASI dibandingkan dengan ibu menyusui yang tidak diberi ekstrak daun katuk. Penelitian ini diikuti oleh 96 ibu menyusui yang dibagi ke dalam dua kelompok, dan kelompok ibu menyusui yang diberikan ekstrak daun katuk dapat memproduksi ASI 50,7% lebih banyak dibandingkan dengan ibu menyusui yang tidak diberi ekstrak daun katuk.

Manfaat daun katuk dalam menginduksi produksi asi juga dibahas dalam review oleh A. J. A. Petrus mengenai Sauropus androgynus (L.) Merr yang diterbitkan oleh Asian Journal of Chemistry, menjelaskan bahwa fungsi daun katuk untuk memperlancar ASI adalah terkait dengan kandungan galactagogue yang ada di dalamnya. Galactogogue adalah senyawa yang dapat memicu peningkatan produksi ASI.

Kandungan lain dalam daun katuk adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin A, beberapa vitamin B, vitamin C, kalsium, zat besi, dan masih banyak lagi. Kandungan vitamin C dalam daun katuk menambah fungsi daun katuk sebagai antioksidan.

Alasan lain mengapa daun katuk dapat memperlancar produksi ASI adalah mungkin karena efek hormonal yang ditimbulkan. Penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Nutrigenetics and Nutrigenomics tahun 2010, membuktikan bahwa daun katuk dapat meningkatkan ekspresi gen prolaktin dan oksitosin pada tikus yang menyusui. Perlu diketahui bahwa prolaktin dan oksitosin adalah dua hormon yang mempengaruhi produksi ASI.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com