News & Events

makan

MAKANAN MANIS MEMPERBURUK DIARE?

Posted by Ernest Admin on Wednesday, 8, February, 2017


Berbagai makanan ternyata diketahui memperparah gejala diare, salah satunya adalah makanan manis! Padahal saat diare kita justru sering mengkonsumsi makanan- makanan yang manis dengan tujuan menambah tenaga. Kenapa makanan manis bisa memperburuk gejala diare ya?

Beberapa orang mengkonsumsi minuman olahraga atau soda untuk menggantikan cairan yang hilang ketika mereka mengalami diare. Tapi makanan dan minuman yang sangat manis- bahkan gula alami yang ditemukan dalam buah – mungkin membuat gejala diare lebih buruk. Selama pencernaan, gula menarik cairan ke dalam usus, mengencerkan tinja. Beberapa pengganti gula, seperti sorbitol, mungkin memiliki efek yang sama.

Fruktosa berlebihan

Fruktosa adalah gula yang terdapat secara alami dalam buah dan sering digunakan sebagai bahan tambahan, yang menyebabkan rasa manis pada makanan olahan dan minuman. Gula ini juga ditemukan dalam madu, agave dan sirup jagung tinggi fruktosa atau HFCS. Jika anda sensitif terhadap fruktosa karena memiliki kondisi kesehatan tertentu seperti sindrom iritasi usus besar- yang mempengaruhi 20% orang dewasa di Amerika, maka mengkonsumsi banyak fruktosa dapat menyebabkan diare.

Sindrom dumping

Dumping syndrome umum dialami setelah operasi lambung. Ini adalah sekelompok gejala yang mungkin timbul jika bagian perut Anda diangkat atau dari operasi lain yang melibatkan perut. Gejala berkisar dari ringan sampai parah dan sering mereda dengan waktu. Meskipun Anda mungkin menemukan sindrom dumping mengkhawatirkan pada awalnya, sindrom ini tidak mengancam nyawa. Anda dapat mengendalikannya dengan membuat perubahan apa dan bagaimana Anda makan. Dengan mengendalikan sindrom dumping, Anda juga akan menghindari makanan yang cenderung membuat Anda meningkatkan berat badan.

Fase pembuangan awal mungkin terjadi sekitar 30 sampai 60 menit setelah Anda makan. Gejala dapat berlangsung sekitar satu jam dan mungkin termasuk:

  • Perasaan kenyang, bahkan setelah makan hanya sejumlah kecil
  • Kram perut atau nyeri
  • Mual atau muntah
  • Diare berat
  • Berkeringat atau pusing
  • Denyut jantung cepat

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com