News & Events

Makan dengan Penuh Perhatian untuk Turunkan Berat Badan

Posted by Ernest Herbal Administrator on Saturday, 1, February, 2020


Makan dengan penuh perhatian untuk turunkan berat badan. Makan dengan penuh perhatian dikenal dengan istilah Mindful eating. Seperti yang pernah kita bahas di artikel sebelumnya makan dengan penuh perhatian adalah sebuah kebiasaan dimana kita memperhatikan makanan kita, serta sensasi fisik dan emosi yang timbul sebelum dan setelahnya.

Telah diketahui bahwa kebanyakan program penurunan berat badan tidak bekerja dalam jangka waktu lama. Sekitar 85% orang dengan obesitas yang menurunkan berat badan kembali ke atau melebihi berat badan awal mereka dalam beberapa tahun.

Makan berlebihan, makan karena emosi, dan makan karena merespon rasa ngidam telah dikaitkan dengan peningkatan berat badan dan peningkatan berat badan kembali setelah sebelumnya berhasil turun. Paparan stress terus- menerus juga berperan pada kasus makan berlebihan dan obesitas.

Merubah pandangan anda terhadap makanan, membuat perasaan negatif yang mungkin dikaitkan dengan makanan, tergantikan dengan kesadaran dan pengendalian diri yang lebih baik serta emosi yang positif. Ketika kebiasaan makan yang tidak sehat bisa diatasi dengan baik, kesuskesan diet jangka panjang akan lebih mudah dicapai.

Distraksi ketika makan yang sering kita lakukan juga dapat menjadi masalah. Makan akhirnya menjadi aktivitas yang kita kerjakan sambil lalu, dan kadang kita makan terlalu cepat. Otak kita membutuhkan sekitar 20 menit untuk menyadari bahwa kita sudah kenyang. Dengan makan tanpa perhatian atau terlalu cepat anda seringkali terlanjur makan terlalu banyak sebelum akhirnya menyadari anda sudah kekenyangan.

Makan dengan penuh perhatian untuk turunkan berat badan membantu anda menyadari rasa lapar dan kenyang. Anda lama kelamaan akan dapat membedakan lapar karena emosi atau lapar karena kebutuhan fisik. Anda juga mungkin menemukan pencetus mengapa anda ingin makan meskipun belum lapar. Dengan mengetahui pencetus ini anda bisa menghindarinya atau sekedar sadar dan memberi respon yang lebih bijak.

Ayo mulai biasakan makan dengan penuh perhatian untuk turunkan berat badan.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com