News & Events

tekanan 1

LANGKAH- LANGKAH MENGUKUR TEKANAN DARAH part 2

Posted by Ernest Admin on Saturday, 15, July, 2017


Langkah- langkah mengukur tekanan darah. Mengukur tekanan darah dapat dilakukan dengan alat tensimeter, ada berbagai jenis tensimeter yang tentu cara penggunaannya juga berbeda. Pada artikel kali ini akan kami kenalkan  langkah mengukur tekanan darah dengan thermometer jarum/ aneroid.

Langkah-langkah mengukur tekanan darah arteri panduan mengikuti rekomendasi dari American Heart Association: (lanjutan dari artikel sebelumnya)

  • Sambil melihat ke ukuran sphygmomanometer, terus perlahan-lahan kempiskan manset. Catat pengukuran dari sphygmomanometer ketika Korotkoff fase V dimulai, ini merupakan tekanan darah diastolik pasien. Jika ada 10 mmHg atau lebih perbedaan antara Korotkoff fase IV dan V maka tekanan di fase IV harus dicatat sebagai tekanan darah diastolik. Hal ini dapat terjadi dalam kasus-kasus output jantung tinggi atau vasodilatasi perifer, anak di bawah 13 tahun, atau wanita hamil. Setelah suara Korotkoff terakhir yang didengar, terus kempiskan manset selama 10 mmHg untuk memastikan bahwa tidak ada lagi suara terdengar. Kemudian kempiskan manset secara total dan berikan pasien waktu untuk beristirahat.
  • Tunggu minimal 30 detik dan ulangi 3 langkah sebelumnya untuk mendapatkan pengukuran tekanan darah kedua. Jika pengukuran memiliki perbedaan lebih dari 5 mmHg, maka pengukuran harus terus dilakukan sampai didapat 2 kali berturut-turut pengukuran yang stabil. Rata-rata dari 2 pengukuran stabil harus dicatat sebagai tekanan darah pasien.
  • Kemudian tunggu 1-2 menit lagi dan ulangi langkah 4 sampai 10 untuk mengukur tekanan darah pada lengan yang berlawanan. Jika terdapat perbedaan pengukuran antara 2 lengan, maka lengan dengan pengukuran tertinggi yang dipakai.
  • Dalam pencatatan hasil, pencatatan tidak hanya pada tekanan yang didapat saja, tetapi juga yang lengan yang digunakan, posisi lengan, dan ukuran manset.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com