News & Events

menyusui7

LAKTOFERIN DAN SUPLEMEN ZAT BESI: BAYI CUKUP BULAN

Posted by Ernest Admin on Monday, 10, April, 2017


Laktoferin dan suplemen zat besi : ibu dan bayi cukup bulan. Laktoferin adalah protein yang berfungsi mengikat dan mentransportasikan besi dalam tubuh. Karena sifatnya, laktoferin dapat mengikat kelebihan besi dalam tubuh sehingga tidak digunakan untuk perkembangan bakteri, virus dan parasit lain. Pada ibu menyusui dan bayi, laktoferin penting terutama sebagai agen pertahanan dari ibu ke bayi dan sebagai pelindung dari infeksi pada bayi.

Bagaimana hubungan kadar laktoferin dengan penambahan suplemen zat besi?

Ibu Menyusui: Studi menunjukkan bahwa jika seorang ibu mengkonsumsi zat besi tambahan, itu tidak mempengaruhi laktoferin dalam ASI nya.

Bayi cukup bulan dengan ASI eksklusif: sehat, bayi cukup bulan yang sedang menyusu secara eksklusif menyerap zat besi dari ASI sangat baik. Jadi, selama 6 bulan pertama menyusu, besi yang mudah diserap dan cadangan besi bayi harus cukup untuk mencegah defisiensi zat besi. Harus diperhatikan juga jika bayi mendapat terlalu banyak zat besi. Diyakini bahwa besi bisa terlalu banyak untuk ditangani laktoferin dan menyebabkan pertumbuhan bakteri yang tidak sehat, terutama E. coli dan Candida albicans. Pertumbuhan berlebih dari bakteri jahat dapat menyebabkan diare dan masalah perut.

Pada usia 6 bulan, makanan padat yang mengandung zat besi seperti sereal bayi yang diperkaya besi harus ditambahkan ke makanan anak. Dan, beberapa anak mungkin membutuhkan zat besi ditambahkan sebelum usia 6 bulan, sehingga dokter anak mungkin meresepkan suplemen zat besi antara usia 4 dan 6 bulan.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com