News & Events

kontrasepsi

KURANGI OBAT UNTUK PRODUKSI ASI YANG LEBIH LANCAR

Posted by Ernest Admin on Monday, 20, February, 2017


Beberapa obat dapat mempengaruhi produksi ASI. Umumnya obat-obatan yang mungkin mengurangi pasokan ASI Anda termasuk antihistamin- untuk mengatasi alergi dan dekongestan- pada obat flu , diuretik, kontrasepsi hormonal mengandung estrogen, dan beberapa obat penurunan berat badan. Konsultasikan dengan dokter Anda tentang alternatif obat pengganti bila pasokan ASI anda berkurang.

Bagaimana antihistamin mempengaruhi produksi ASI? Antihistamin dalam dosis yang relatif tinggi diberikan melalui suntikan dapat menurunkan basal prolaktin serum pada perempuan yang tidak menyusui dan pada wanita yang baru melahirkan. Namun, sekresi prolaktin yang dihasilkan akibat isapan bayi tidak terpengaruh oleh pretreatment antihistamin ibu postpartum. Apakah dosis oral antihistamin yang lebih rendah memiliki efek yang sama pada prolaktin serum atau apakah efek pada prolaktin memiliki konsekuensi pada keberhasilan pemberian ASI belum diteliti. Tingkat prolaktin pada ibu yang menyusui  mungkin tidak mempengaruhi kemampuannya untuk menyusui.

Seorang ibu dari 51 ibu yang mengkonsumsi loratadine (salah satu jenis antihistamin) saat menyusui melaporkan bahwa ia mengalami penurunan produksi ASI setelah konsumsi loratadine 10 mg setiap hari selama kurang dari satu minggu di 4 bulan setelah melahirkan.

Sedangkan untuk dekongestan, dosis tunggal pseudoephedrine secara signifikan mengurangi produksi ASI. Efek ini tidak disebabkan perubahan aliran darah, tapi karena depresi sekresi hormon prolaktin. Pada dosis maksimum pseudoefedrin yang direkomendasikan, total dosis pada bayi yang diterima lewat ASI <10% dari dosis ibu, dan tidak berpengaruh buruk pada bayi. Kemampuan pseudoephedrine untuk menekan laktasi menyebabkan disarankannya obat-obat lain sebagai pengganti.

Jadilah bagian dari
keluarga besar

For Any Questions Or Suggestions

 0857 8570 8000 / 0813 3666 9988

 ernestherbalmix@gmail.com